Dana - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Apakah Anda pernah mengetahui istilah Dana? Bisa jadi tak banyak yang mengetahui tentang pengertian Dana meskipun mungkin kita pernah menggunakannya atau menemuinya. Kalau bicara mengenai keuangan, istilah ini memiliki beberapa arti. Berikut ini definisi yang kita peroleh dari beberapa referensi. Pembahasan mengenai Dana biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Cek, Agunan dan Bank.

Definisi Dana

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

"Uang tunai dan atau aktiva lain yang segera dapat diuangkan yang tersedia atau disisihkan untuk maksud tertentu (fund)."

Definisi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

"n uang yang disediakan untuk suatu keperluan; biaya: -- kesejahteraan" "n pemberian; hadiah; derma: berikanlah -- ini kepada mereka yang berhak menerimanya"

Simak penjelasan tentang Dana lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Dana.

Apa Itu Dana?

Dana adalah himpunan dari uang dalam jumlah tertentu dalam bentuk tunai maupun nontunai. Kata dana biasa digunakan dalam bisnis untuk menyebutkan istilah uang. Dana juga merupakan komponen utama dari analisis sebuah bisnis. Dalam artian yang lebih luas, dana juga bisa berarti modal usaha dalam menjalankan bisnis.

 

Misalnya, dalam sebuah usaha percetakan, yang masuk dalam kelompok dana adalah uang kas, mesin cetak, mesin sablon, tinta, kertas, dan lem.

 

Dana Menurut Konsepnya

Bambang Riyanto dalam bukunya yang berjudul “Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan”, menjelaskan dana berdasarkan tiga konsep.

  • Konsep Kuantitatif. Konsep yang berdasarkan kuantitatif dana yang tertanam. Dana yang dimaksud dalam konsep ini adalah modal kerja bruto, yaitu keseluruhan dari pada aktiva lancar.
  • Konsep Kualitatif. Sebagian dari aktiva lancar yang bisa digunakan untuk membiayai perusahaan tanpa mengganggu likuiditasnya. Dana yang dimaksud dalam konsep ini adalah modal kerja netto yaitu yang merupakan kelebihan aktiva lancar di atas hutang lancarnya.
  • Konsep Fungsional. Konsep ini menyatakan tentang fungsi dari dana sebuah usaha, di mana dana ini difungsikan untuk menghasilkan keuntungan atau laba.

Pengelolaan Dana

Dalam mengelola dana untuk mendapatkan keuntungan atau laba dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu:

  • Pengelolaan Dana Jangka Pendek. Pengelolaan dana jangka pendek dimaksudkan untuk mendapatkan keuntungan atau laba dalam jangka waktu yang singkat. Misalnya, keuntungan per bulan dari usaha coffee shop.
  • Pengelolaan Dana Jangka Panjang. Pengelolaan dana jangka panjang berarti untung atau laba yang akan didapatkan dapat diambil dalam waktu lama. Umumnya, dalam waktu beberapa tahun. Bentuk aktiva tetap yang bisa digunakan untuk penggunaan dana jangka panjang adalah tanah, gedung, dan mesin.

Cari Istilah Keuangan

×