Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Dana Darurat - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Apakah Anda pernah mendengar istilah Dana Darurat? Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang istilah Dana Darurat walaupun mungkin kita pernah menggunakannya atau menemuinya. Dalam pembahasan finansial, istilah ini memiliki beberapa definisi. Disini kita akan membahas Dana Darurat yang masih memiliki keterkaitan dengan keuangan. Pembahasan mengenai Dana Darurat biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Tabungan, Investasi dan Gaji.

Definisi Dana Darurat

Definisi Menurut

Dana darurat merupakan sumber aset yang tersedia untuk membantu seseorang mengatasi dilema keuangan, seperti kehilangan pekerjaan, penyakit yang melemahkan, perbaikan rumah atau mobil, belum lagi jenis krisis nasional seperti yang dialami akibat pandemi virus corona. Tujuan dari dana tersebut adalah untuk meningkatkan keamanan finansial dengan membuat jaring pengaman uang tunai atau aset likuid lainnya yang dapat digunakan untuk memenuhi biaya darurat. Ini juga mengurangi kebutuhan untuk menarik dari opsi utang berbunga tinggi seperti kartu kredit atau pinjaman tanpa jaminan. Dana darurat harus berisi cukup uang untuk menutupi biaya antara tiga dan enam bulan, menurut sebagian besar perencana keuangan. Perhatikan bahwa lembaga keuangan tidak memiliki rekening berlabel dana darurat. Sebaliknya, tanggung jawab berada pada individu untuk membuat jenis akun ini dan mengalokasikannya sebagai modal yang dicadangkan untuk krisis keuangan pribadi.

Simak penjelasan tentang Dana Darurat lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Dana Darurat.

Dana Darurat dan Investasi

Ada baiknya seseorang harus mempertimbangkan untuk membangun dana darurat sebelum terjun ke kendaraan investasi yang lebih mudah berubah seperti saham. Sementara yang terakhir menawarkan potensi pertumbuhan jangka panjang yang lebih besar daripada kas dan setara kas, nilainya dapat tiba-tiba menurun jika terjadi penurunan ekonomi, seperti yang dijelaskan oleh krisis virus corona. Jika itu saat Anda perlu memanfaatkannya, Anda bisa kehilangan nilai lebih dari yang Anda butuhkan. Dana darurat melindungi portofolio Anda dari risiko itu.

Cari Istilah Keuangan

×