Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Dana Untuk Pinjaman - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Apakah kamu pernah mendengar istilah Dana Untuk Pinjaman? Bisa jadi tak banyak yang mengetahui tentang istilah Dana Untuk Pinjaman meskipun mungkin kita pernah menggunakannya atau menemuinya. Dalam bidang keuangan, istilah ini memiliki beberapa definisi. Kali ini kita akan membahas Dana Untuk Pinjaman yang masih memiliki keterkaitan dengan keuangan. Pembahasan mengenai Dana Untuk Pinjaman biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Dana, Bank dan Pinjaman Lunak.

Definisi Dana Untuk Pinjaman

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

Dana yang tersedia dalam bank yang dapat dipergunakan untuk keperluan pemberian pinjaman kepada pihak ketiga (loanable fund).

Simak penjelasan tentang Dana Untuk Pinjaman lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Dana Untuk Pinjaman.

Apa itu Dana untuk Pinjaman?

Dalam ekonomi, dana untuk pinjaman merupakan teori tingkat bunga pasar. Menurut pendekatan ini, tingkat bunga ditentukan oleh permintaan dan penawaran dana pinjaman. Istilah dana untuk pinjaman mencakup semua bentuk kredit, seperti pinjaman, obligasi, atau tabungan.

Dana pinjaman mengacu pada modal keuangan yang tersedia untuk berbagai peminjam individu dan institusi. Misalnya, peminjam individu termasuk pemilik rumah yang mengambil hipotek, sementara peminjam institusional dapat berupa obligasi yang diterbitkan pemerintah atau perusahaan yang meminjam langsung dari bank. Layanan perbankan dan keuangan sangat bergantung pada dana pinjaman untuk meminjamkan kepada peminjam dengan bunga. Bunga ini secara signifikan meningkatkan margin laba dari entitas-entitas ini, sementara juga meningkatkan bisnis. Setiap lembaga keuangan memiliki beberapa sumber pendanaan.

Dana pinjaman memperluas teori klasik, yang menentukan tingkat bunga semata-mata dengan menabung dan berinvestasi, dalam hal ini menambah kredit bank. Jumlah total kredit yang tersedia dalam suatu perekonomian dapat melebihi tabungan pribadi karena sistem bank berada dalam posisi untuk menciptakan kredit dari udara kosong. Oleh karena itu, tingkat bunga ekuilibrium (atau pasar) tidak hanya dipengaruhi oleh kecenderungan untuk menabung dan berinvestasi tetapi juga oleh penciptaan atau penghancuran uang kertas dan kredit.

Jika sistem bank meningkatkan kredit, setidaknya akan sementara menurunkan tingkat bunga pasar di bawah tingkat alami. Wicksell telah mendefinisikan tingkat alami sebagai tingkat bunga yang kompatibel dengan tingkat harga yang stabil. Penciptaan kredit dan penghancuran kredit menyebabkan perubahan tingkat harga dan tingkat kegiatan ekonomi.

Cari Istilah Keuangan

×