Debitur - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Tahukah Anda dengan istilah Debitur? Bisa jadi tak banyak yang mengetahui tentang definisi Debitur walaupun mungkin kita pernah memakainya. Dalam bidang keuangan, istilah ini memiliki beberapa arti. Berikut ini definisi yang didapatkan dari beberapa sumber. Pembahasan mengenai Debitur biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Pinjaman Lunak, Lembaga Keuangan dan Instrumen Utang.

Definisi Debitur

Definisi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Debitur / de·bi·tur / /débitur/ n orang atau lembaga yang berutang kepada orang atau lembaga lain

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

Pihak yang menerima kredit atau pinjaman (debtor).

Definisi Menurut Wikipedia

Debitur adalah pihak yang berhutang ke pihak lain, biasanya dengan menerima sesuatu dari kreditur yang dijanjikan debitur untuk dibayar kembali pada masa yang akan datang. Pemberian pinjaman kadang memerlukan juga jaminan atau agunan dari pihak debitur. Jika seorang debitur gagal membayar pada tenggat waktu yang dijanjikan, suatu proses koleksi formal dapat dilakukan yang kadang mengizinkan penyitaan harta milik debitur untuk memaksa pembayaran.

Simak penjelasan tentang Debitur lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Debitur.

Apa Itu Debitur?

Debitur adalah sebutan bagi perusahaan atau individu yang berhutang uang kepada lembaga lain. Jika utang dalam bentuk pinjaman dari lembaga keuangan, maka debitur disebut sebagai peminjam. Lain halnya jika utang dalam bentuk sekuritas, maka debitur disebut sebagai penerbit. Secara hukum, seseorang yang dengan sukarela menyatakan kebangkrutan juga dianggap sebagai debitur.

Dalam kebangkrutan, debitur dapat memilih untuk membayar utang dalam prioritas yang dipilih. Tetapi, jika masih tetap gagal dalam membayar hutangnya, mereka telah melanggar perjanjian dengan kreditor. Sebagian besar hutang yang terkait dengan bisnis harus dibuat secara tertulis agar dapat diselesaikan oleh hukum. 

Jika seorang debitur gagal membayar hutang, kreditor punya jalan lain untuk menagihnya. Jika utang didukung oleh agunan, seperti hipotek dan kredit mobil yang masing-masing didukung oleh rumah dan mobil, kreditor dapat mencoba untuk mengambil alih agunan.

Cari Istilah Keuangan

×