Deviasi Standar - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Tahukah Anda dengan istilah Deviasi Standar? Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang definisi Deviasi Standar walaupun mungkin kita pernah menggunakannya. Dalam pembahasan keuangan, istilah ini memiliki beberapa arti. Berikut ini definisi yang kita peroleh dari beberapa literatur. Pembahasan mengenai Deviasi Standar biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Investasi, Saham dan Pasar Modal.

Definisi Deviasi Standar

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

Ukuran tingkat pencairan selisih nilai setiap anggota dalam sekelompok nilai dengan nilai rata-rata hitungnya; ukuran itu merupakan angka yang diperoleh dengan mencari akar dan jumlah setiap deviasi pangkat dua dibagi jumlah anggota kelompok (standard deviation)

Simak penjelasan tentang Deviasi Standar lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Deviasi Standar.

Apa Itu Deviasi Standar?

Deviasi standar adalah pengukuran statistik dalam keuangan yang ketika diterapkan pada tingkat pengembalian tahunan investasi yang menyoroti sejarah volatilitas investasi tersebut. Semakin besar deviasi standar sekuritas, semakin besar varian antara setiap harga dan rata-rata yang menunjukkan kisaran harga yang lebih besar. Contohnya, saham volatil memiliki deviasi standar yang tinggi, sedangkan deviasi dari saham blue-chip yang stabil biasanya agak rendah.

Deviasi standar merupakan alat yang sangat berguna dalam strategi investasi dan perdagangan karena membantu mengukur volatilitas pasar dan sekuritas. Deviasi standar adalah salah satu alat pengukur risiko fundamental utama yang digunakan oleh para analis, manajer portofolio, penasihat. Perusahaan investasi melaporkan deviasi standar reksa dana dan produk lainnya. Karena mudah dimengerti, statistik ini secara teratur dilaporkan kepada klien dan investor akhir.

Cari Istilah Keuangan

×