Disbursement - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Apakah kamu pernah mempelajari istilah Disbursement? Bisa jadi tak banyak yang mengetahui tentang arti Disbursement walaupun mungkin kita pernah memakainya. Jika berbicara finansial, istilah ini memiliki beberapa arti. Berikut ini penjelasan singkat yang diperoleh dari beberapa literatur. Pembahasan mengenai Disbursement biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Dana, Anggaran dan Cek.

Definisi Disbursement

Definisi Menurut Terjemahan dari Oxford Dictionary

“pembayaran uang dari dana”

Definisi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Pembayaran: “n proses, cara, perbuatan membayar”

Definisi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Pengeluaran: “n proses, cara, perbuatan mengeluarkan (menghasilkan)” “n belanja”

Simak penjelasan tentang Disbursement lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Disbursement.

Apa itu Disbursement?

Secara sederhana, istilah disbursement merupakan bahasa Inggris yang bisa diterjemahkan sebagai “pembayaran” atau “pengeluaran” dalam bahasa Indonesia. Namun, kata ini juga bisa diartikan sebagai “biaya”, “kas”, atau “perbelanjaan” tergantung pada konteks penggunaannya.

Namun, berbeda aspek dan perspektif “disbursement” bisa memiliki pengertian yang berbeda. Seperti dalam dunia akuntansi, pengertian disbursement adalah pengeluaran.

Istilah Lain terkait Disbursement dan Definisi-nya:

  • Cash Disbusrements, sering juga disebut Cash Payments adalah “Pembayaran Tunai” dalam bahasa Indonesia yang memiliki arti sebagai pembayaran yang dilakukan langsung pada saat transaksi terjadi.
  • Cash Disbursement Journal, dalam bahasa Indonesia dikenal dengan nama “Jurnal Pengeluaran Kas” adalah buku atau jurnal yang mencatat semua pembayaran tunai seperti untuk perkiraan utang, pembelian barang dagangan, dan beban operasi.

Cari Istilah Keuangan

×