Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Diskon - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Tahukah Anda dengan istilah Diskon? Bisa jadi tak banyak yang mengetahui tentang arti Diskon walaupun mungkin kita pernah menggunakannya. Kalau bicara mengenai keuangan, istilah ini memiliki beberapa definisi. Kali ini kita akan membahas Diskon yang masih memiliki keterkaitan dengan keuangan. Pembahasan mengenai Diskon biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Cashback, Harga dan Uang.

Definisi Diskon

Definisi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

“n potongan harga”

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

“Umum: pengurangan nilai kotor suatu transaksi; transaksi perbankan: metode pengurangan yang beban bunga pinjaman atau surat utangnya telah diperhitungkan di muka (discount).”

Simak penjelasan tentang Diskon lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Diskon.

Apa itu Diskon?

Diskon adalah pengurangan harga yang diberikan kepada pembeli saat melakukan pembelian barang atau jasa. Diskon adalah salah satu strategi promosi yang sudah ada sejak lama baik pada transaksi offline maupun online.

Dengan membeli barang saat ada diskon, tentunya pembeli bisa menjadi lebih hemat dalam pembelian. Walaupun demikian, penjual tidak merasa merugi karena efek dari diskon ini diharapkan akan kembali di masa mendatang dalam bentuk lainnya seperti loyalitas pembeli atau branding produk yang lebih kuat.

Diskon juga biasanya diberikan sebagai promosi yang efektif untuk menarik pembeli pertama. Dengan adanya diskon produk, pembeli mendapatkan kesempatan mencoba barang yang dijual dengan harga yang lebih murah. Jika dirasa bermanfaat, diharapkan pembeli bisa melakukan pemesanan kembali (repeat order).

Kata diskon mungkin terlihat sangat menarik, tetapi sebelum terbuai dengan diskon, ada baiknya lakukan pengecekan harga suatu barang yang dikenai diskon dengan membandingkan harga suatu barang di tempat lainnya. Hal ini untuk menghindari kasus penjual telah menaikkan harga barang sebelum diberikan diskon.

Jenis-jenis Diskon

  1. Buy 1 Get 1, yaitu diskon dengan memberikan 1 produk gratis ketika pembeli melakukan pembelian 1 produk.
  2. Invitation Only, yaitu diskon yang diperuntukkan hanya untuk orang tertentu.
  3. Diskon di waktu terbatas atau Flash Sale.
  4. Diskon up to ..%, yaitu diskon yang memiliki syarat dan ketentuan tertentu untuk mencapai diskon maksimal.
  5. Voucher Belanja, yaitu diskon yang berlaku bagi calon pembeli yang memiliki voucher sebelumnya.

Simulasi Diskon

Miko berbelanja pakaian di salah satu department store ternama. Harga pakaian yang akan dibeli oleh Miko adalah sebesar Rp250.000 dan bertuliskan diskon ganda sebesar 20%+10%. Dengan diskon tersebut maka uang yang harus dikeluarkan Miko untuk membeli pakaian adalah sebagai berikut.

Harga asli: Rp 250.000
Diskon 20%: Rp 250.000 dikurangi 20% = Rp 200.000
Diskon 10%: Rp 200.000 dikurangi 10% = Rp 180.000

Dari hasil perhitungan diskon di atas, Miko hanya perlu membayarkan uang sebesar Rp 180.000 untuk membeli pakaian yang dia inginkan.

Cari Istilah Keuangan

×