Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Dokumen - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Tahukah Anda dengan istilah Dokumen? Bisa jadi tak banyak yang mengetahui tentang pengertian Dokumen walaupun mungkin kita pernah menggunakannya. Dalam bidang keuangan, istilah ini memiliki beberapa arti. Kali ini kita akan membahas Dokumen yang masih memiliki keterkaitan dengan keuangan. Pembahasan mengenai Dokumen biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Harta, Abstrak dan Surat Berharga Negara (SBN).

Definisi Dokumen

Definisi Menurut

“surat yang tertulis atau tercetak yang dapat dipakai sebagai bukti keterangan (seperti akta kelahiran, surat nikah, surat perjanjian.”

Definisi Menurut

“barang cetakan atau naskah karangan yang dikirim melalui pos.”

Definisi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

“rekaman suara, gambar dalam film, dan sebagainya yang dapat dijadikan bukti keterangan.”

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

"warkat yang dipakai sebagai tanda bukti yang umumnya memiliki kekuatan hukum pembuktian (document)."

Simak penjelasan tentang Dokumen lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Dokumen.

Apa itu Dokumen?

Dokumen secara harfiah bisa diartikan sebagai sesuatu yang tertulis atau tercetak dan segala benda yang mempunyai keterangan-keterangan dipilih untuk dikumpulkan, disusun, disediakan atau untuk disebarkan. Namun secara fisik dalam dunia ekonomi praktis, dokumen adalah surat penting atau berharga yang sifatnya tertulis atau tercetak yang berfungsi atau dapat dipakai sebagai bukti ataupun keterangan. Secara lebih luas, semua data-data yang dikumpulkan baik secara digital, lisan, maupun tertulis bisa dikategorikan sebagai dokumen.

Dalam Kamus Kepegawaian Dokumen dapat diartikan sebagai semua catatan tertulis, baik tercetak maupun tidak tercetak. Dan segala benda yang mempunyai keterangan-keterangan terpilih untuk dikumpulkan, disusun, disediakan, atau untuk disebarkan.

Jenis-Jenis Dokumen beserta Definisi

Jenis dokumen berdasarkan kepentingannya

  • Dokumen pribadi: dokumen menyangkut kepentingan pribadi perorangan. Contohnya KTP, ijazah, akta lahir, paspor)
  • Dokumen niaga: dokumen yang berkaitan dengan perniagaan. Dokumen niaga berupa surat-surat berharga yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran. Contohnya cek, obligasi, packing list, faktur, kuitansi, surat pengantar, bill of lading, saham, dan letter of credit.
  • Dokumen sejarah: dokumen yang berkaitan dengan sejarah. Dapat berupa catatan penting, dan digunakan sebagai alat pembuktian peristiwa yang terjadi pada masa lalu. Contoh: fosil, rekaman film perjuangan, autobiografi, tugu, dan naskah proklamasi
  • Dokumen pemerintah: dokumen yang berisi informasi ketatanegaraan dari suatu pemerintahan. Jenis dokumen ini digunakan sebagai pembuktian kegiatan suatu pemerintahan. Contohnya Keputusan Presiden, Undang-Undang, Peraturan Daerah, Peraturan Pemerintah, dan perjanjian kerjasama antar Negara.

Jenis dokumen berdasarkan fungsinya

  • Dokumen dinamis: dokumen yang dipergunakan secara langsung dalam proses penyelesaian pekerjaan kantor.
  • Dokumen statis:  dokumen yang tidak secara langsung dipergunakan dalam proses pekerjaan kantor.

Jenis dokumen berdasarkan bentuk fisiknya

  • Dokumen literer: dokumen yang ada karena ditulis, dicetak, digambar, atau direkam, dan dikumpulkan di dalam perpustakaan. Contohnya buku, majalah dan film.
  • Dokumen korporil: dokumen yang berupa benda sejarah, biasanya dikumpulkan di dalam museum. Contohnya arca, pakaian adat, patung, uang kuno, keris.
  • Dokumen privat: dokumen yang berupa surat atau arsip, disimpan dengan menggunakan sistem kearsipan. Contohnya surat dinas, surat berharga, surat niaga, surat tanda bukti dan laporan.

Cari Istilah Keuangan

×