Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Drachma - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Tahukah Anda dengan istilah Drachma? Bisa jadi tak banyak yang mengetahui tentang arti Drachma meskipun mungkin kita pernah menggunakannya. Kalau bicara mengenai keuangan, istilah ini memiliki beberapa definisi. Disini kita akan membahas Drachma yang berhubungan dengan keuangan. Pembahasan mengenai Drachma biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Mata Uang, Bolivar dan Lek.

Definisi Drachma

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

Satuan dasar nilai uang Yunani (drachma).

Definisi Menurut Wikipedia

Drakhma (₯; bahasa Yunani: δραχμή [ðraxˈmi], dibaca: "drakhme" atau "drakhma"; bentuk jamak: drachmae atau drachmas) adalah mata uang yang digunakan di Yunani dalam beberapa periode sejarahnya.

Simak penjelasan tentang Drachma lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Drachma.

Apa Itu Drachma?

Drachma adalah satuan mata uang negara Yunani, namun pada tahun 2002 penggunaannya telah resmi digantikan oleh mata uang euro. Mata uang ini telah dipakai sekitar 10 abad sejak zaman Yunani kuno dan merupakan mata uang tertua di Eropa. Nilai tukar drachma per 1 euro adalah 340,750. Di Persia dan Arab nama drachma disebut dengan dirham. Sebutan ini juga digunakan untuk uang perak Yunani yang nilainya sama dengan satu dinar.

Kata Drachma diambil dari kata “segenggam” yang diperkirakan berasal dari filsuf dan ilmuwan Yunani Heraclides Ponticus (387-312 s.M), namun Profesor sejarah Livio C. Stecchini berpendapat kata drachma berasal dari bangsa Semit. Pada awalnya, nilai 1 drachma adalah satu genggaman dari 6 obeloi (batang-batang logam) yang digunakan sebagai alat transaksi atau mata uang paling dini pada tahun 1100 SM, yang bentuknya berupa butiran perunggu, tembaga, atau besi yang dihitung menurut beratnya.

Cari Istilah Keuangan

×