Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Duopoli - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Tahukah Anda dengan istilah Duopoli? Bisa jadi tak banyak yang mengetahui tentang istilah Duopoli walaupun mungkin kita pernah menggunakannya atau menemuinya. Jika berbicara finansial, istilah ini memiliki beberapa arti. Berikut ini penjelasan yang kita dapatkan dari beberapa sumber. Pembahasan mengenai Duopoli biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Oligopoli, Globalisasi dan Ilmu Ekonomi.

Definisi Duopoli

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

"Keadaan pasar yang ditandai dengan adanya penawaran oleh hanya dua produsen (duopoly)."

Definisi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

"n: Oligopoli yang terbit pada dua perusahaan yang menguasai seluruh penawaran satu jenis barang tertentu."

Simak penjelasan tentang Duopoli lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Duopoli.

Apa Itu Duopoli?

Dalam lingkup perekonomian, duopoli adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi pasar di mana suatu komoditas, baik berupa barang maupun jasa, dikuasai oleh hanya 2 (dua) produsen. Kedua produsen tersebut lantas saling memengaruhi satu sama lain dalam hal penentuan harga, kapasitas produksi, hingga kualitas produk atau jasa yang ditawarkan kepada konsumen.

Pasar duopoli yang merupakan bagian dari pasar oligopoli ini cenderung masuk ke dalam kategori persaingan usaha yang sempurna, utamanya dalam hal penentuan faktor produksi dan juga struktur pendanaan perusahaan.

Secara garis besar, terdapat 2 (dua) tipe pasar duopoli, yakni:

  • Duopoli murni (pure duopoly), yakni apabila kedua pelaku pasar duopoli menjual produk atau jasa yang sama (homogen).
  • Duopoli yang dibedakan (differentiated duopoly), yakni apabila kedua pelaku pasar duopoli tidak menjual produk atau jasa yang sama (homogen), akan tetapi produk atau jasa tersebut bersifat saling mengisi satu sama lain (substansial).

Teori-Teori Duopoli

Pasar duopoli tidak lepas dari yang namanya asumsi antar perusahaan yang bermain di dalam pasar ini. Hal tersebut lantas menghasilkan sejumlah teori duopoli, yang mana teori-teori tersebut perlu dipahami oleh masing-masing perusahaan agar bisa mengambil keputusan yang tepat ketika hendak menentukan harga, kapasitas, dan kualitas produk atau jasa yang hendak dilepas ke konsumen.

Beberapa teori duopoli yang umum dipakai meliputi:

  • Duopoli Cournot, umumnya digunakan oleh perusahaan yang menghasilkan komoditas homogeni.
  • Kurva Permintaan Patah, yang mana kondisi ini terjadi ketika tindakan menaikkan harga dari satu perusahaan tidak diikuti oleh perusahaan saingannya.

Cari Istilah Keuangan

×