E-Nofa - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Kali ini kita akan membahas tentang salah satu istilah yang berkaitan dengan keuangan, yaitu E-Nofa. Bisa jadi tak banyak yang mengetahui tentang istilah E-Nofa meskipun mungkin kita pernah menggunakannya. Dalam bidang finansial, istilah ini memiliki beberapa arti. Disini kita akan membahas E-Nofa yang masih memiliki keterkaitan dengan keuangan. Pembahasan mengenai E-Nofa biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Pajak, Pengawasan dan Pajak Penghasilan.

Daftar Isi

  1. Definisi E-Nofa

Definisi E-Nofa

Definisi Menurut https://www.online-pajak.com/tentang-ppn-efaktur/p

Apa itu E-Nofa? E-Nofa pajak atau Penomoran Faktur Pajak elektronik merupakan situs web yang menyediakan layanan untuk mengajukan permohonan Nomor Seri Faktur Pajak secara online. Bertujuan untuk mempermudah Pengusaha Kena Pajak (PKP) untuk meminta Nomor Seri Faktur Pajak (NSFP) yang sebelumnya dilakukan secara manual. NSFP terdiri dari nomor yang berisi kombinasi angka dan huruf yang berjumlah 16 digit dengan ketentuan 2 digit pertama berisi kode transaksi, 1 digit kode status, dan 13 digit nomor seri faktur.

Definisi Menurut https://www.akseleran.co.id/blog/enofa-pajak/

Fungsi E-Nofa Pajak Selain tentunya mempermudah dalam pembuatan faktur pajak dan proses penerbitan NSFP pagi PKP, E-Nofa juga berfungsi untuk membantu pengawasan dan pengendalian dengan memantau permohonan NSFP yang diajukan oleh setiap PKP, meminimalisir terjadinya penyalahgunaan faktur pajak, mencegah timbulnya faktur pajak ilegal, menelusuri jejak faktur pajak apabila terjadi penyelewengan, karena penerbitan NSFP hanya melalui persetujuan DJP dan meningkatkan ketertiban aktivitas perpajakan PKP, yang secara langsung diharapkan dapat meningkatkan pendapatan negara dari sektor pajak.

Simak penjelasan tentang E-Nofa lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud E-Nofa.

Cari Istilah Keuangan

×