Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

finansial - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Tahukah Anda dengan istilah finansial? Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang pengertian finansial walaupun mungkin kita pernah menggunakannya. Dalam bidang finansial, istilah ini memiliki beberapa arti. Disini kita akan membahas finansial yang masih memiliki keterkaitan dengan keuangan. Pembahasan mengenai finansial biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Investasi, Harta dan Uang.

Definisi finansial

Simak penjelasan tentang finansial lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud finansial.

Apa Itu Finansial

Finansial diambil dari kata bahasa Inggris yaitu finance, yang berarti keuangan. Menurut KBBI, finansial memiliki arti mengenai (urusan) keuangan. Dari sudut pandang ilmu keuangan, finansial berarti membahas bagaimana mempelajari kondisi keuangan individu, bisnis, atau organisasi. Sementara bila dipandang dari sudut administrasi, finansial berarti bagaimana mengatur uang masuk dan keluar dalam suatu usaha atau lembaga.

Fungsi Finansial

Finansial memiliki beberapa fungsi yaitu fungsi perencanaan, fungsi pengendalian, fungsi pemeriksaan, dan fungsi pelaporan. Fungsi dari finansial tak hanya bisa diterapkan oleh perusahaan, tetapi pribadi pun dapat menerapkannya.

Manfaat Finansial

Finansial memiliki beberapa manfaat, antara lain berlatih disiplin dan teratur, membiasakan diri  bergaya hidup hemat, menghindari kebiasaan berhutang, dan mempunyai masa depan yang lebih optimal.

Cari Istilah Keuangan

×