Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Fixed Cost - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Fixed Cost merupakan istilah yang berkaitan dengan bidang keuangan. Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang pengertian Fixed Cost walaupun mungkin kita pernah menggunakannya. Dalam bidang keuangan, istilah ini memiliki beberapa arti. Kali ini kita akan membahas Fixed Cost yang masih memiliki keterkaitan dengan keuangan. Pembahasan mengenai Fixed Cost biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Akuntansi, Ilmu Ekonomi dan Manajemen.

Definisi Fixed Cost

Simak penjelasan tentang Fixed Cost lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Fixed Cost.

Apa itu Fixed Cost?

Fixed cost atau biaya tetap adalah biaya yang tidak berubah seiring dengan kenaikan atau penurunan jumlah barang atau jasa yang diproduksi atau dijual. Biaya tetap merupakan biaya yang harus dibayar oleh perusahaan, terlepas dari aktivitas bisnis tertentu. Secara umum, perusahaan dapat memiliki dua jenis biaya, biaya tetap atau biaya variabel, yang bersama-sama menghasilkan biaya total. Titik penghentian cenderung diterapkan untuk mengurangi biaya tetap.

 

Perusahaan memiliki berbagai macam biaya berbeda yang terkait dengan bisnis mereka. Biaya-biaya ini dipecah oleh biaya tidak langsung, langsung, dan biaya modal pada laporan laba rugi dan dicatat sebagai kewajiban jangka pendek atau jangka panjang di neraca. Bersama-sama baik biaya tetap dan biaya variabel membentuk struktur biaya total perusahaan. Analis biaya bertanggung jawab untuk menganalisis biaya tetap dan variabel melalui berbagai jenis analisis struktur biaya. Secara umum, biaya merupakan faktor kunci yang mempengaruhi profitabilitas total.

Penentuan Fixed Cost (Biaya Tetap)

Biaya tetap biasanya ditentukan oleh perjanjian kontrak atau jadwal. Ini adalah biaya dasar yang terlibat dalam menjalankan bisnis secara komprehensif. Setelah ditetapkan, biaya tetap tidak berubah selama masa perjanjian atau jadwal biaya. Perusahaan yang memulai bisnis baru kemungkinan besar akan memulai dengan biaya tetap untuk sewa dan gaji manajemen. Semua jenis bisnis memiliki perjanjian biaya tetap yang mereka pantau secara teratur. Meskipun biaya tetap ini dapat berubah dari waktu ke waktu, perubahan tersebut tidak terkait dengan tingkat produksi melainkan perjanjian atau jadwal kontrak baru. Contoh biaya tetap termasuk pembayaran sewa sewa, gaji, asuransi, pajak properti, biaya bunga, depresiasi, dan kemungkinan beberapa utilitas.

Cari Istilah Keuangan

×