Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Ilmu Ekonomi - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Ilmu Ekonomi merupakan istilah yang biasanya berkaitan dengan bidang finansial. Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang pengertian Ilmu Ekonomi walaupun mungkin kita pernah menggunakannya atau menemuinya. Dalam bidang finansial, istilah ini memiliki beberapa definisi. Berikut ini penjelasan singkat yang kita dapatkan dari beberapa literatur. Pembahasan mengenai Ilmu Ekonomi biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Akuntansi, Manajemen dan Pajak.

Definisi Ilmu Ekonomi

Definisi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

"n: ilmu tentang produksi, distribusi, dan konsumsi barang, serta berbagai masalah yang bersangkutan dengan itu, seperti tenaga kerja, pembiayaan, dan keuangan;ilmu pengetahuan tentang kegiatan sosial manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya yang diperoleh dari lingkungannya."

Definisi Menurut Otoritas Jasa keuangan

"Ilmu yang mempelajari usaha manusia dalam memenuhi kebutuhannya yang banyak dengan sarana pemenuhan yang terbatas (economics)."

Simak penjelasan tentang Ilmu Ekonomi lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Ilmu Ekonomi.

Apa itu Ilmu Ekonomi?

Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia untuk mendapatkan dan mengelola sumber daya yang terbatas. Ilmu ini muncul karena manusia memiliki kebutuhan dan keinginan yang tidak terbatas, tetapi sumber daya yang tersedia untuk memenuhinya terbatas.

Dengan mempelajari ilmu ekonomi, kita bisa memprediksi tindakan manusia ke depannya yang kemudian bisa digunakan untuk perencanaan bisnis, penentuan harga, membuat kebijakan pemasaran, kebijakan sumber daya manusia, hingga membuat kebijakan untuk kesejahteraan masyarakat.

Manfaat Ilmu Ekonomi

  1. Memberikan masukan untuk pengambilan keputusan terhadap tindakan ekonomi
  2. Membantu dalam memahami pola perilaku ekonomi masyarakat
  3. Membantu pengambilan keputusan dalam prioritas kebutuhan yang ingin dipenuhi
  4. Membantu memberikan pengertian pada potensi & keterbatasan sebuah kebijakan ekonomi
  5. Meningkatkan kepekaan manusia pada masalah ekonomi dan global

Ruang Lingkup Ilmu Ekonomi

Terdapat 2 ruang lingkup ilmu ekonomi, yaitu ekonomi mikro dan ekonomi makro.

  1. Ekonomi mikro (microeconomics). Ilmu ekonomi yang mempelajari bagian kecil atau aspek individual dari kegiatan perekonomian. Analisis ekonomi mikro menggunakan analisis konsumen (dalam menggunakan pendapatannya) dan produsen (dalam menawarkan barangnya) dalam pasar. Ekonomi mikro juga disebut sebagai teori harga karena inti dari ekonomi mikro adalah penentuan harga.
  2. Ekonomi makro (macroeconomics). Ilmu ekonomi makro mempelajari keseluruhan perilaku ekonomi yang berkaitan dengan penggunaan faktor produksi yang tersedia secara efisien demi mencapai kemakmuran masyarakat yang maksimal. Ekonomi makro dikenal juga sebagai teori pendapatan karena inti ekonomi makro adalah penentuan tingkat kegiatan ekonomi yang diukur dengan pendapatan.

Kegiatan Ekonomi

  1. Produksi. Produksi adalah kegiatan yang bertujuan untuk menghasilkan atau menambah nilai guna dari barang dan jasa. Contoh, ketika penjual tas mengubah kain menjadi tas buatannya. Penjual tas tersebut melakukan kegiatan produksi karena menghasilkan barang dan jasa.
  2. Konsumsi. Konsumsi adalah kegiatan yang berkaitan dengan penggunaan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan. Contohnya adalah penggunaan bensin untuk bahan bakar kendaraan.
  3. Distribusi. Distribusi adalah kegiatan penyebaran barang dan jasa yang diproduksi. Misalnya, distribusi yang dilakukan untuk membawa beras dari desa A ke kota B untuk memenuhi kebutuhan warga kota A akan beras.

 

 

Aplikasi keuangan dan kasir,  dan dapatkan cashback special dan bebas ongkir hanya di akhir Juli ini, lho!

Cari Istilah Keuangan

×