Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Indeks - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Apakah Anda pernah mendengar istilah Indeks? Bisa jadi tak banyak yang mengetahui tentang definisi Indeks walaupun mungkin kita pernah menggunakannya. Kalau bicara mengenai finansial, istilah ini memiliki beberapa arti. Berikut ini penjelasan yang kita peroleh dari beberapa referensi. Pembahasan mengenai Indeks biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Saham, Bursa Efek dan Pasar Keuangan.

Definisi Indeks

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

Umum: angka untuk menyatakan tingkat harga, volume perdagangan, dan sebagainya di dalam jangka waktu tertentu dalam perbandingan dengan suatu nilai, dinyatakan dengan angka 100 untuk periode dasar tertentu; perbankan: tingkat bunga yang digunakan sebagai dasar penetapan variabel suku bunga kredit, sering juga disebut indeks biaya dana; ilmu ekonomi: ukuran statistik dari perubahan suku bunga dalam perekonomian, misalnya indeks indikator utama perekonomian yang cenderung menjadi indikator perubahan daur usaha; surat berharga: indikator kinerja pasar uang, misalnya indeks Standard & Poor 500 (index).

Simak penjelasan tentang Indeks lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Indeks.

Apa Itu Indeks?

Dalam bidang ekonomi dan keuangan, indeks adalah ukuran statistik perubahan dalam kelompok representatif dan titik data individual. Data ini didapatkan lewat sejumlah sumber, seperti kinerja perusahaan, harga, produktivitas, dan karyawan di perusahaan. Indeks ekonomi digunakan untuk melacak kesehatan ekonomi dari berbagai perspektif. Sedangkan, indeks di pasar keuangan adalah harga gabungan dari berbagai saham berdasarkan kategori tertentu di pasar saham yang bisa menjelaskan kondisi pasar secara keseluruhan.

Setiap indeks dibuat dengan metode yang berbeda-beda, mulai dari yang sederhana hingga yang kompleks. Sekarang, perhitungan bisa dilakukan secara otomatis dengan komputer, maka indeks dibuat dengan melakukan pembobotan harga yang lebih kompleks agar dapat memperhitungkan harga saham dan kapitalisasi perusahaan. Kapitalisasi (nilai pasar) sendiri merupakan harga saham saat ini, dikalikan dengan jumlah saham yang beredar.

Indeks juga sering dikaitkan dengan angka indeks yang merupakan suatu angka yang berguna untuk mengukur dan menyatakan perubahan relatif yang terjadi pada harga, jumlah/kuantitas, atau nilai yang diperbandingkan dengan periode awal. Dalam dunia bisnis, angka indeks juga berfungsi untuk memperlihatkan suatu persentase terkait beberapa hal dari satu periode ke periode lainnya. Beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam menyusun angka indeks adalah:

  • Apa yang akan diukur.
  • Metode perhitungan yang digunakan atau cara menghitungnya.
  • Sumber dan syarat perbandingan data.
  • Tahun dasar.

Macam - Macam Indeks

Terdapat tiga jenis angka indeks yang umumnya digunakan dalam dunia ekonomi, yaitu:

  • Angka Indeks Harga: Berguna untuk memberikan informasi mengenai perubahan harga yang terjadi dari satu periode ke periode lainnya. Indeks harga ini memiliki peran penting dalam perekonomian dan dibutuhkan oleh berbagai pihak seperti perusahaan, pemerintah, hingga akademisi.
  • Angka Indeks Jumlah: indeks ini digunakan untuk memperlihatkan perubahan jumlah barang sejenis, atau barang yang dihasilkan, digunakan, dan dijual dalam satu waktu yang sama maupun berlainan.
  • Angka Indeks Nilai: Bertujuan untuk memperlihatkan informasi mengenai perubahan nilai barang yang sejenis ataupun suatu kumpulan barang dari satu periode ke periode lainnya.

Cari Istilah Keuangan

×