Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Inspeksi - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Inspeksi merupakan istilah yang biasanya berkaitan dengan bidang keuangan. Bisa jadi tak banyak yang mengetahui tentang arti Inspeksi walaupun mungkin kita pernah menggunakannya. Kalau bicara mengenai keuangan, istilah ini memiliki beberapa arti. Berikut ini penjelasan singkat yang didapatkan dari beberapa sumber. Pembahasan mengenai Inspeksi biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Pengawasan, Pengawasan Langsung dan Barang Setengah Jadi.

Definisi Inspeksi

Definisi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Inspeksi / in·spek·si / /inspéksi/ n 1 pemeriksaan dengan saksama; peme-riksaan secara langsung tentang pelaksanaan peraturan, tugas, dan sebagainya: beberapa waktu yang lalu ketua pengadilan negeri itu meng-adakan -- ke daerah; 2 Mil pemeriksaan pasukan dengan cermat untuk mengetahui kesiapan di tempat masing-masing; 3 Pol wilayah jabatan inspektur; kantor inspektur: kantor -- wilayah; -- mendadak inspeksi yang dilakukan secara tiba-tiba tanpa pemberitahuan;

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

Pemeriksaan secara mendalam terhadap suatu masalah terhadap hal-hal yang bersifat khusus dan dianggap penting untuk mencapai keberhasilan usaha organisasi berdasarkan ketentuan yang telah ditetapkan (inspection).

Simak penjelasan tentang Inspeksi lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Inspeksi.

Apa Itu Inspeksi?

Inspeksi adalah pemeriksaan yang melibatkan tes, dan pengukuran yang dilakukan berdasarkan karakteristik tertentu yang sehubungan dengan objek inspeksi. Inspeksi dilakukan untuk memeriksa objek untuk memastikan bahwa objek memenuhi standar tertentu. Saat inspeksi dilakukan, perlu dipastikan bahwa tidak ada yang salah ataupun melanggar hukum. Inspeksi bisa dilakukan kepada produk yang akan dipasarkan, sebuah organisasi, hingga bangunan.

Tujuan Inspeksi

  1. Meningkatkan kualitas.
  2. Mencegah masalah yang disebabkan rendahnya kualitas, dan mengurangi keluhan.
  3. Memberikan pemberitahuan kepada manajemen sebelum suatu masalah menjadi serius, sehingga manajemen dan dewan direksi dapat mengambil tindakan selanjutnya.

Cari Istilah Keuangan

×