Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Instrumen Utang - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Apakah Anda pernah mempelajari istilah Instrumen Utang? Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang istilah Instrumen Utang meskipun mungkin kita pernah menggunakannya. Dalam pembahasan finansial, istilah ini memiliki beberapa arti. Kali ini kita akan membahas Instrumen Utang yang masih memiliki keterkaitan dengan keuangan. Pembahasan mengenai Instrumen Utang biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Obligasi, Kartu Kredit dan Surat Berharga Negara (SBN).

Definisi Instrumen Utang

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

Warkat yang berisi pernyataan tertulis tentang kesanggupan untuk membayar sejumlah uang pada waktu tertentu, misalnya surat aksep, promes, dan obligasi (debt instrument).

Simak penjelasan tentang Instrumen Utang lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Instrumen Utang.

Apa itu Instrumen Utang

Instrumen utang adalah alat yang dapat digunakan sebuah entitas untuk mendapatkan modal. Ini adalah kesepakatan mengikat yang menyediakan dana kepada peminjam sebagai imbalan atas janji dari peminjam untuk membayar kembali si pemberi pinjaman atau investor sesuai dengan ketentuan kontrak. Kontrak instrumen utang mencakup ketentuan terperinci tentang kesepakatan seperti agunan yang terlibat, tingkat bunga, jadwal pembayaran bunga, dan jangka waktu, hingga jatuh tempo jika berlaku.

Jenis Instrumen Utang

Dilihat dari jangka waktu peminjaman, instrumen utang terbagi atas dua jenis, jangka pendek dan jangka panjang. Dana yang dikumpulkan melalui instrumen hutang jangka pendek harus dilunasi dalam waktu satu tahun, contohnya kartu kredit dan surat utang. Sementara utang jangka panjang bisa dilunasi lebih dari setahun dan memiliki jumlah lebih banyak.

Apa Saja yang Termasuk Instrumen Utang?

Semua jenis instrumen yang terutama diklasifikasikan sebagai utang dapat dianggap sebagai instrumen utang. Kartu kredit, kredit, pinjaman, dan obligasi semuanya dapat menjadi jenis instrumen utang.

Biasanya, istilah instrumen utang berfokus pada modal utang yang diterbitkan oleh sebuah entitas institusional. Entitas institusional dapat mencakup pemerintah dan perusahaan swasta dan publik, beberapa hal yang biasanya dijadikan instrumen utang adalah:

  • Surat Utang

Surat utang tidak didukung oleh jaminan apa pun. Mereka dikeluarkan oleh perusahaan untuk mengumpulkan dana jangka menengah dan panjang.

  • Obligasi

Obligasi di sisi lain umumnya diterbitkan oleh pemerintah, bank sentral atau perusahaan besar yang didukung oleh sekuritas. Obligasi juga memastikan pembayaran tingkat bunga tetap kepada pemberi pinjaman uang.

  • Hipotek

Hipotek adalah pinjaman terhadap properti perumahan. Dijamin oleh properti terkait. Dalam kasus kegagalan pembayaran, properti dapat disita dan dijual untuk memulihkan jumlah pinjaman.

  • Surat Utang Negara

Surat utang negara adalah instrumen utang jangka pendek yang jatuh tempo dalam satu tahun. Mereka dapat ditebus hanya pada saat jatuh tempo. Mereka dijual dengan diskon jika dijual sebelum jatuh tempo.

Cari Istilah Keuangan

×