International Finance Corporation - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Apakah Anda pernah mengetahui istilah International Finance Corporation? Bisa jadi tak banyak yang mengetahui tentang definisi International Finance Corporation walaupun mungkin kita pernah memakainya. Dalam bidang keuangan, istilah ini memiliki beberapa arti. Berikut ini definisi yang kita peroleh dari beberapa referensi. Pembahasan mengenai International Finance Corporation biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Bank Dunia, ASEAN dan Perusahaan.

Definisi International Finance Corporation

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

lembaga keuangan internasional, didirikan sebagai afiliasi bank dunia dengan tujuan membantu pembiayaan pembangunan negara-negara anggota yang belum maju melalui pemberian pinjaman dan atau penyertaan pada sektor swasta (International Finance Corporation - IFC).

Simak penjelasan tentang International Finance Corporation lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud International Finance Corporation.

Apa Itu International Finance Corporation?

International Finance Corporation (IFC) adalah lembaga keuangan internasional yang menawarkan layanan investasi, konsultasi, dan pengelolaan aset untuk mendorong pengembangan sektor swasta di negara-negara yang kurang berkembang. IFC adalah anggota dari Bank Dunia dan memiliki kantor pusat di Washington DC, Amerika Serikat. 

Sejarah International Finance Corporation

Bank Dunia yang tadinya hanya terdiri dari Bank Internasional untuk Rekonstruksi dan Pembangunan sudah mulai beroperasi sejak 1946. Lalu, pada tahun 1947 Robert L. Garner bergabung dengan Bank Dunia sebagai eksekutif senior dan menurutnya, bisnis swasta dapat memainkan peran penting dalam pengembangan internasional. 

Pada tahun 1950, Garner dan rekan-rekannya mengusulkan pendirian lembaga baru untuk melakukan investasi swasta di negara-negara kurang berkembang yang dilayani oleh Bank Dunia. Pemerintah AS kemudian mengusulkan perusahaan internasional yang bekerjasama dengan Bank Dunia untuk berinvestasi di perusahaan swasta tanpa menerima jaminan dari pemerintah, tanpa mengelola perusahaan itu, dan dengan bekerja dengan investor pihak ketiga.

Konsep IFC saat baru mulai berdiri di tahun 1955 masih dianggap kontroversial di AS, dimana beberapa kepentingan bisnis merasa tidak nyaman dengan kepemilikan publik perusahaan swasta. Meskipun demikian, di tahun 1956 IFC mulai beroperasi di bawah kepemimpinan Robert L. Garner. 

 

Tujuan International Finance Corporation

Tujuan IFC adalah untuk menciptakan peluang bagi orang-orang untuk keluar dari kemiskinan dan mencapai standar hidup yang lebih baik dengan memobilisasi sumber daya keuangan untuk perusahaan swasta, mempromosikan pasar yang mudah untuk diakses dan bersaing, mendukung bisnis dan sektor swasta lainnya, serta menciptakan lapangan kerja dan memberikan layanan yang diperlukan kepada mereka yang dilanda kemiskinan.

Cari Istilah Keuangan

×