Kas - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Apakah Anda pernah mendengar istilah Kas? Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang definisi Kas walaupun mungkin kita pernah menggunakannya. Kalau bicara mengenai finansial, istilah ini memiliki beberapa arti. Berikut ini penjelasan yang didapatkan dari beberapa sumber. Pembahasan mengenai Kas biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Akuntansi, Perusahaan dan Uang.

Definisi Kas

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

Uang kartal yang tersedia bagi suatu usaha terdiri atas uang kertas bank dan uang logam, yang merupakan alat pembayaran yang sah; dalam perusahaan bukan bank, cek, wesel, dan surat berharga lain yang dapat segera dijadikan uang diperhitungkan juga sebagai kas (cash).

Definisi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

kas n 1 tempat menyimpan uang; 2 tempat membayar dan menerima uang; 3 keluar masuknya uang;

Simak penjelasan tentang Kas lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Kas.

Apa itu Kas?

Kas adalah salah satu istilah yang sering digunakan dalam dunia akuntansi. Istilah ini biasanya dipakai untuk menggambarkan kepemilikan uang tunai perusahaan. Makin besar nilai kasnya, maka makin besar pula uang tunai yang mereka miliki. 

Dalam dunia bisnis, jumlah kas sebuah perusahaan kerap dijadikan salah satu indikator kemampuan atau kinerja perusahaan tersebut. Makin besar kas yang dimiliki, makin baik pula kinerja perusahaan tersebut.

Jenis Kas

Kas dibagi menjadi ke beberapa bagian. Tujuannya untuk mempermudah pengawasan dan proses pemeriksaan yang berhubungan dengan distribusi dari aliran kas. Maka, kas dibagi menjadi 2, yaitu:

  • Kas Kecil (Petty Cash)

Kas berupa uang yang disediakan oleh perusahaan untuk membayar berbagai pengeluaran yang jumlahnya relatif kecil dan tidak ekonomis jika dibayarkan dengan menggunakan cek. 

  • Kas di Bank

Uang perusahaan yang berada di rekening suatu bank. Biasanya digunakan untuk pengeluaran yang jumlahnya relatif besar dan tidak mungkin diberikan secara langsung dalam transaksi karena jumlah yang besar dan rawan dari segi keamanan. Kas di bank biasanya berhubungan dengan rekening koran dari bank untuk perusahaan.

Sumber Kas

Sumber penerimaan kas dalam suatu perusahaan pada dasarnya berasal dari:

  1. Hasil penjualan investasi
  2. Adanya emisi saham atau penambahan modal oleh pemilik perusahaan dalam bentuk kas.
  3. Pengeluaran surat tanda utang baik jangka pendek (wesel) maupun utang jangka panjang (obligasi, hipotek, dll) serta bertambahnya utang yang diimbangi dengan penerimaan kas.
  4. Adanya penurunan atau berkurangnya aktiva lancar selain kas yang diimbangi dengan adanya penerimaan kas (adanya penerimaan piutang, adanya penjualan secara tunai, dan sebagainya)
  5. Adanya penerimaan kas karena sewa, bunga atau dividen dari investasi, sumbangan atau hadiah maupun adanya pengembalian pembayaran pajak pada periode sebelumnya.

Cari Istilah Keuangan

×