Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Kawasan Pabean - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Kali ini kita akan membahas mengenai salah satu istilah yang berhubungan dengan keuangan, yaitu Kawasan Pabean. Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang definisi Kawasan Pabean meskipun mungkin kita pernah memakainya. Kalau bicara mengenai keuangan, istilah ini memiliki beberapa arti. Kali ini kita akan membahas Kawasan Pabean yang masih memiliki keterkaitan dengan keuangan. Pembahasan mengenai Kawasan Pabean biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Direktorat Jenderal Pajak, Pajak dan Pajak Penghasilan.

Definisi Kawasan Pabean

Definisi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

"Kawasan instansi (jawatan, kantor) yang mengawasi, memungut, dan mengurus bea masuk (impor) dan bea keluar (ekspor), baik melalui darat, laut, maupun melalui udara."

Simak penjelasan tentang Kawasan Pabean lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Kawasan Pabean.

Apa itu Kawasan Pabean?

Kawasan Pabean adalah kawasan dengan batas-batas tertentu di pelabuhan laut, bandar udara atau tempat lain yang ditetapkan untuk lalu-lintas barang yang sepenuhnya berada di bawah pengawasan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Tempat yang dipergunakan untuk lalu lintas barang impor atau barang ekspor di kantor tempat penyelesaian kewajiban pabean atas layanan pos sebagaimana dimaksud dalam ketentuan perundang-undangan mengenai pos.

Cari Istilah Keuangan

×