Kecurangan - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Kali ini kita akan membahas mengenai salah satu istilah yang berkaitan dengan keuangan, yaitu Kecurangan. Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang definisi Kecurangan walaupun mungkin kita pernah menggunakannya atau menemuinya. Jika berbicara keuangan, istilah ini memiliki beberapa arti. Berikut ini penjelasan yang kita peroleh dari beberapa referensi. Pembahasan mengenai Kecurangan biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Perusahaan, Harta dan Manajemen.

Definisi Kecurangan

Definisi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Kecurangan / ke·cu·rang·an / n perihal curang; perbuatan yang curang; ketidakjujuran; keculasan

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

Perbuatan yang disengaja yang menimbulkan kerugian pada pihak lain, misalnya seseorang yang membuat pernyataan palsu, menyembunyikan atau menghilangkan bukti yang penting (defraud; fraud).

Simak penjelasan tentang Kecurangan lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Kecurangan.

Apa Itu Kecurangan?

Kecurangan atau yang biasa juga disebut dengan fraud adalah tindakan curang yang dilakukan dengan sengaja untuk menguntungkan satu pihak (perorangan, perusahaan atau institusi) secara tidak adil atau melanggar hukum yang mengakibatkan kerugian di pihak lain.

Jenis-jenis Kecurangan

1. Kecurangan Atas Aset (Asset Misappropriation)

Kecurangan ini meliputi penyalahgunaan/pencurian aset atau harta perusahaan untuk kepentingan pribadi. Ini merupakan bentuk fraud yang paling mudah dideteksi karena sifatnya yang dapat diukur/dihitung (defined value).

2. Pernyataan Palsu (Fraudulent Statement)

Tindakan yang dilakukan oleh pejabat atau eksekutif suatu perusahaan atau organisasi untuk menutupi kondisi keuangan yang sebenarnya dengan melakukan rekayasa keuangan dalam penyajian laporan keuangan untuk memperoleh keuntungan.

3. Korupsi

Korupsi merupakan jenis kecurangan yang sulit dideteksi karena menyangkut kerja sama dengan pihak lain. Korupsi masih sering terjadi di negara-negara berkembang yang penegakan hukumnya masih lemah dan kurangnya kesadaran atas pengelolaan yang baik sehingga integritasnya dipertanyakan. Dalam korupsi juga termasuk penyalahgunaaan wewenang, penyuapan, hingga pemerasan secara ekonomi.

Pencegahan Kecurangan

  • Risk Analysis – Perusahaan dapat melakukan analisa apa saja pola kecurangan yang mungkin terjadi dalam organisasi.
  • Implementasi – Melakukan sosialisasi kebijakan anti kecurangan, pelatihan anti kecurangan, dan evaluasi proses bisnis untuk menghindari terjadinya kecurangan.
  • Sanksi – Sanksi yang dikenakan dapat berupa pengurangan kompensasi, tidak naik jabatan, atau bahkan pemecatan dan/atau proses hukum. 
  • Monitoring – Melakukan pengawasan dan evaluasi program anti kecurangan secara berkala dan mengambil langkah perbaikan secara terus menerus.

Cari Istilah Keuangan

×