Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Khazanah - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Kali ini kita akan membahas tentang istilah yang berhubungan dengan keuangan, yaitu Khazanah. Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang istilah Khazanah meskipun mungkin kita pernah menggunakannya. Jika berbicara keuangan, istilah ini memiliki beberapa arti. Berikut ini penjelasan yang kita peroleh dari beberapa referensi. Pembahasan mengenai Khazanah biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Business Continuity Planning (BCP), Emas Batangan dan Bank.

Definisi Khazanah

Definisi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Khazanah / kha·za·nah / n 1 barang milik; harta benda; kekayaan; 2 kumpulan barang; perbendaharaan; 3 tempat menyimpan harta benda (kitab-kitab, barang berharga, dan sebagainya);

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

Ruangan yang kuat tempat menyimpan uang dan surat atau barang berharga supaya aman dari berbagai bahaya, seperti api, air, pencurian (vault; strong room).

Simak penjelasan tentang Khazanah lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Khazanah.

Apa Itu Khazanah?

Khazanah atau juga yang sering disebut dengan ruang kluis adalah sebuah area bangunan atau ruangan dengan konstruksi baja yang sangat kuat. Khazanah memiliki sistem keamanan berlapis untuk menyimpan uang, dokumen penting, atau surat berharga. Khazanah biasanya ada di bank, dan digunakan untuk tempat penyimpanan milik bank, maupun nasabah. 

Khazanah harus dipastikan aman dari bahaya seperti pencurian, dan juga bencana seperti kebakaran atau banjir. Biasanya khazanah dibangun di ruang bawah tanah. Selain di bank, khazanah juga umumnya berada di kantor pos, hotel mewah, hingga perpustakaan buku langka.

Cari Istilah Keuangan

×