Komite Etik - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Komite Etik merupakan salah satu istilah yang berkaitan dengan bidang keuangan. Bisa jadi tak banyak yang mengetahui tentang definisi Komite Etik meskipun mungkin kita pernah memakainya. Dalam pembahasan finansial, istilah ini memiliki beberapa definisi. Kali ini kita akan membahas Komite Etik yang masih memiliki keterkaitan dengan keuangan. Pembahasan mengenai Komite Etik biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Dewan Direksi, Manajemen dan Perusahaan.

Definisi Komite Etik

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

Komite Etik adalah organ pendukung Dewan Komisioner yang bertugas mengawasi kepatuhan Dewan Komisioner, Pejabat, dan Pegawai OJK terhadap kode etik.

Simak penjelasan tentang Komite Etik lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Komite Etik.

Apa Itu Komite Etik?

Komite etik adalah sekelompok individu yang terdiri dari eksekutif di berbagai departemen dan konsultan pihak ketiga yang memimpin komite. Komite etik dibentuk untuk mengawasi kepatuhan dengan aturan perilaku, standar, dan kebijakan perusahaan. Komite dapat memperoleh masukan dari karyawan melalui survei, hotline karyawan, atau kuesioner. Peran mereka adalah untuk mengkomunikasikan kebijakan etika perusahaan secara efektif kepada seluruh perusahaan.

Anggota komite etik sering terlibat dalam pembuatan pedoman dan kebijakan dalam suatu perusahaan. Tanggung jawab komite etik termasuk membuat pedoman untuk berbagai keadaan. Komite nantinya dapat bertindak sebagai penengah jika terjadi konflik, dan menemukan solusi yang dapat diintegrasikan ke dalam kebijakan perusahaan.

Cari Istilah Keuangan

×