Koperasi - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Koperasi merupakan istilah yang berkaitan dengan bidang keuangan. Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang istilah Koperasi meskipun mungkin kita pernah menggunakannya. Dalam pembahasan finansial, istilah ini memiliki beberapa arti. Berikut ini penjelasan singkat yang diperoleh dari beberapa sumber. Pembahasan mengenai Koperasi biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Lembaga Penjamin Simpanan, Pinjaman dan Harta.

Daftar Isi

  1. Definisi Koperasi

Definisi Koperasi

Definisi Menurut https://www.cermati.com/artikel/koperasi-pengertia

Pengertian Koperasi Berdasarkan pasal 1 Undang Undang no. 17 tahun 2012 koperasi adalah badan hukum yang didirikan oleh perseorangan atau badan hukum koperasi dengan pemisahan kekayaan para anggotanya sebagai modal untuk menjalankan usaha yang memenuhi aspirasi dan kebutuhan bersama di bidang ekonomi, sosial, dan budaya yang sesuai dengan nilai dan prinsip koperasi. Jadi, secara sederhana bisa dikatakan bahwa koperasi adalah badan usaha yang dimiliki dan dijalankan anggotanya untuk memenuhi kebutuhan bersama di bidang ekonomi, sosial, dan budaya

Definisi Menurut https://id.wikipedia.org/wiki/Koperasi

Jenis-jenis Koperasi Dalam UU no. 17 tahun 2012, disebutkan beberapa jenis koperasi yang ada di Indonesia, antara lain: Koperasi konsumen: diperuntukkan bagi konsumen barang dan jasa, biasanya menjual berbagai kebutuhan harian seperti kelontong atau alat tulis, seperti toko biasa. Yang membedakan, keuntungan yang didapatkan dari penjualan dibagikan kepada anggotanya. Koperasi produsen: koperasi yang diperuntukkan bagi produsen barang & jasa dengan menjual barang produksi anggota. Contohnya, koperasi pengrajin batik atau koperasi pengrajin barang-barang seni. Koperasi simpan pinjam: Koperasi ini memberikan pinjaman kepada anggota yang membutuhkan uang dalam jangka pendek dengan syarat yang mudah dan bunga rendah Koperasi Jasa: hampir sama dengan koperasi konsumen, akan tetapi yang disediakan adalah kegiatan jasa atau pelayanan bagi anggota. Misalnya saja koperasi jasa angkutan atau koperasi jasa asuransi. Koperasi Serba Usaha (KSU): menyediakan beberapa layanan sekaligus, seperti menjual barang kebutuhan, simpan pinjam hingga jasa.

Definisi Menurut https://www.akseleran.co.id/blog/koperasi-simpan-p

Tujuan Pendirian Koperasi Pendirian koperasi sendiri pada prinsipnya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dari para anggotanya, selain itu koperasi memiliki tujuan untuk membantu tatanan perekonomian di Indonesia, serta membantu pemerintah mewujudkan kehidupan masyarakat yang adil dan makmur.

Simak penjelasan tentang Koperasi lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Koperasi.

Cari Istilah Keuangan

×