Lira - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Apakah kamu pernah mengetahui istilah Lira? Bisa jadi tak banyak yang mengetahui tentang definisi Lira meskipun mungkin kita pernah menggunakannya atau menemuinya. Dalam pembahasan finansial, istilah ini memiliki beberapa definisi. Berikut ini penjelasan yang kita peroleh dari beberapa literatur. Pembahasan mengenai Lira biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Mata Uang, Dinar dan Uang.

Definisi Lira

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

Satuan mata uang Italia dan Turki (lira).

Simak penjelasan tentang Lira lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Lira.

Apa Itu Lira?

Lira adalah nama dari beberapa unit mata uang. Lira merupakan mata uang Turki, dan dulunya sempat menjadi mata uang Italia, Malta, San Marino, dan Kota Vatikan, yang kemudian diganti pada tahun 2002 dengan Euro. Nama lira muncul dari nilai troy pound yang dalam bahasa Latinnya adalah libra, dari perak yang memiliki tingkat kemurnian yang tinggi. Libra adalah dasar dari sistem moneter kekaisaran romawi. Ketika Eropa melanjutkan sistem moneter, dalam kekaisaran Carolingian sistem romawi diadopsi yang disebut £sd (librae, solidi, denarii).

Sistem tersebut digunakan selama Abad Pertengahan dan Zaman Modern di Inggris, Perancis, dan Italia. Di masing-masing negara, libra diterjemahkan ke dalam bahasa lokal: pound di Inggris, livre di Perancis, dan lira di Italia. Lira Venesia merupakan salah satu mata uang yang digunakan di Italia, dan karena kekuatan ekonomi Republik Venesia, mata uang Lira Venesia menjadi populer dalam perdagangan Mediterania Timur.

Cari Istilah Keuangan

×