Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Lunas - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Kali ini kita akan membahas mengenai salah satu istilah yang berkaitan dengan keuangan, yaitu Lunas. Bisa jadi tak banyak yang mengetahui tentang pengertian Lunas meskipun mungkin kita pernah memakainya. Jika berbicara finansial, istilah ini memiliki beberapa arti. Berikut ini penjelasan singkat yang kita peroleh dari beberapa referensi. Pembahasan mengenai Lunas biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Piutang, Instrumen Utang dan Bank.

Definisi Lunas

Definisi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Lunas / lu·nas / v beres dan selesai dibayar (tentang utang); terbayar; impas:

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

Keadaan selesainya utang karena telah dibayarnya kembali secara penuh; dalam praktik perbankan, warkat utang piutang yang telah dibayar penuh oleh debitur, biasanya dibubuhi tanda “lunas" atau “selesai" (paid in full).

Simak penjelasan tentang Lunas lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Lunas.

Apa Itu Lunas?

Lunas adalah hutang yang telah dibayarkan secara penuh dan tidak ada lagi uang yang harus dibayarkan kepada pemberi hutang. Ketika suatu bank atau lembaga keuangan menerbitkan hutang untuk perseorangan atau perusahaan, penerima hutang menerima sejumlah dana dari lembaga keuangan. Dalam waktu yang ditentukan, hutang tersebut harus dilunasi sampai tidak ada lagi yang harus dibayarkan.

Cari Istilah Keuangan

×