Market Cap - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Apakah Anda pernah mengetahui istilah Market Cap? Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang definisi Market Cap meskipun mungkin kita pernah menggunakannya. Kalau bicara mengenai keuangan, istilah ini memiliki beberapa arti. Berikut ini penjelasan yang didapatkan dari beberapa literatur. Pembahasan mengenai Market Cap biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Investasi, Saham dan Perusahaan.

Definisi Market Cap

Definisi Menurut

Simak penjelasan tentang Market Cap lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Market Cap.

Apa itu Market Cap?

Nilai agregat pasar sebuah perusahaan yang bisa didapat dari mengalikan jumlah total saham yang sedang beredar di sebuah perusahaan dengan harga pasar saat ini dari satu lembar saham. Market cap berguna untuk memberikan detail mengenai dana yang harus dikeluarkan untuk membeli seluruh saham perusahaan. 

Jika nilai atau total saham perusahaan tersebut cukup besar, maka perusahaan tersebut akan memiliki anggapan besar pula dari masyarakat. 

Cara Menghitung Market Cap

Untuk mengetahui perkembangan pasar modal di suatu negara, berikut cara untuk menghitung market cap dengan mudah.

Market Cap = harga pasar x harga saham per lembar

Selain menghitung market cap, melihat perkembangan pasar modal juga harus mempertimbangkan jumlah saham, jumlah perusahaan, nilai transaksi dan juga indeks harga saham gabungan.

Jenis Market Cap

Berikut 3 jenis market cap berdasarkan ukuran besaran.

  • Small-Cap

Perusahaan dengan market cap yang kecil sekitar 250 juta - 2 miliar dollar AS. Biasanya perusahaan yang memiliki small-cap ini adalah bisnis yang masih sangat terpengaruh akan naik dan turunnya perekonomian. Tak heran, nilai saham dari perusahaan berjenis small-cap ini juga cenderung belum stabil dan masih naik turun dan juga tidak memiliki likuiditas layaknya perusahaan besar.

  • Mid-Cap

Sama dengan jenisnya, perusahaan yang memiliki market cap sedang ini disebut juga mid-cap. Biasanya perkembangan dan kemajuan dari perusahaan yang memiliki ukuran mid-cap sangatlah pesat dan dapat dikategorikan memiliki pertumbuhan yang cepat. Namun tidak menutup kemungkinan juga jika ada kerugian, maka kerugian yang didapat cukuplah ekstrim.

  • Big-Cap

Perusahaan dengan market cap besar biasanya memiliki nilai sekitar 10 miliar dollar AS atau bahkan lebih. Perusahaan yang bertemakan big-cap ini akan lebih stabil menghadapi keadaan pasar yang naik dan turun. Kondisi pasar tidak akan mudah merubah keadaan perusahaan. Kebanyakan perusahaan yang memiliki market cap besar ini sudah sangat terkenal dikalangan banyak orang di hampir seluruh dunia.

Cari Istilah Keuangan

×