Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Mobilitas Tenaga Kerja - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Apakah Anda pernah mengetahui istilah Mobilitas Tenaga Kerja? Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang arti Mobilitas Tenaga Kerja walaupun mungkin kita pernah menggunakannya atau menemuinya. Kalau bicara mengenai finansial, istilah ini memiliki beberapa arti. Berikut ini penjelasan yang kita peroleh dari beberapa literatur. Pembahasan mengenai Mobilitas Tenaga Kerja biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Pekerja Kantor, Industri dan Perusahaan.

Definisi Mobilitas Tenaga Kerja

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

Kemudahan peralihan kerja, baik pada tingkat yang sama maupun ke tingkat yang lebih tinggi atau lebih rendah atau ke jenis pekerjaan yang berlainan (labour mobility).

Simak penjelasan tentang Mobilitas Tenaga Kerja lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Mobilitas Tenaga Kerja.

Apa Itu Mobilitas Tenaga Kerja?

Mobilitas tenaga kerja adalah pergerakan atau peralihan geografis dan pekerjaan tenaga kerja. Mobilitas tenaga kerja yang paling baik diukur dari kurangnya hambatan yang terjadi dalam proses peralihan. Mobilitas tenaga kerja merupakan salah satu faktor penting dalam studi ekonomi karena melihat bagaimana tenaga kerja, sebagai salah satu faktor utama produksi, dapat mempengaruhi pertumbuhan dan produksi.

Ada dua jenis utama mobilitas tenaga kerja: geografis dan pekerjaan. Mobilitas geografis mengacu pada kemampuan pekerja untuk bekerja di lokasi tertentu, sedangkan mobilitas pekerjaan mengacu pada kemampuan pekerja untuk mengubah jenis pekerjaan. Meningkatkan dan mempertahankan mobilitas tenaga kerja tingkat tinggi memungkinkan alokasi sumber daya yang lebih efisien. Mobilitas tenaga kerja telah terbukti menjadi pendorong kuat inovasi.

Cari Istilah Keuangan

×