Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Monopoli - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Monopoli merupakan salah satu istilah yang berkaitan dengan bidang finansial. Bisa jadi tak banyak yang mengetahui tentang arti Monopoli meskipun mungkin kita pernah menggunakannya atau menemuinya. Jika berbicara finansial, istilah ini memiliki beberapa arti. Berikut ini definisi yang kita dapatkan dari beberapa sumber. Pembahasan mengenai Monopoli biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Hak Paten, Harga Nominal dan Adjudikasi.

Definisi Monopoli

Definisi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

“Situasi yang pengadaan barang dagangannya tertentu (di pasar lokal atau nasional) sekurang-kurangnya sepertiganya dikuasai oleh satu orang atau satu kelompok, sehingga harganya dapat dikendalikan.” / “hak tunggal untuk berusaha (membuat dan sebagainya).”

Definisi Menurut

/mo·no·po·li/ (n)

Simak penjelasan tentang Monopoli lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Monopoli.

Apa itu Monopoli?

Monopoli adalah keadaan bisnis yang dipegang penuh oleh satu perusahaan. Hal ini dikarenakan hanya perusahaan tersebut yang memiliki layanan yang dibutuhkan oleh banyak orang, menjadikan perusahaan tidak memiliki pesaing (kompetitor). Dengan melakukan praktik monopoli, perusahaan dapat mengambil keuntungan maksimal.  (atau: perusahaan yang bersifat monopoli)

Pasar monopoli sendiri merupakan salah satu bentuk interaksi antara permintaan serta penawaran yang cirinya hanya ada satu produsen atau produsen tunggal yang menghadapi banyak sekali pembeli atau konsumen.

Ciri-Ciri Monopoli

Ciri-ciri monopoli dalam pasar lokal maupun nasional memiliki kriteria yang sama. Berikut adalah ciri-ciri dari monopoli:

  1. Memiliki satu penjual
    Sebuah pasar monopoli itu hanya memiliki satu produsen, dimana harga akan ditentukan langsung oleh produsen tanpa adanya pengaruh dari para lingkungan seperti. Maka dari itu, fungsi dari penjual di sini adalah penentu harga jual (price maker).

  2. Memiliki banyak pembeli dengan substitusi produk yang dekat

    Penghambat yang didapatkan dari pasar monopoli ini dapat menyebabkan banyaknya kerugian dari persaingan pasar monopoli. Terutama untuk pendatang baru. Beberapa hambatan itu adalah:
  • Hak paten hasil barang produksi atau output oleh produsen.
  • Produsen memiliki sumber daya yang sangat penting dan berbeda-beda sehingga menjadi sebuah input yang bersifat konfidensial oleh perusahaan tertentu terhadap perusahaan lainnya. 
  • Produsen menetapkan dan menerapkan kebijakan pembatasan untuk harga dari harga yang tinggi sampai yang rendah agar perusahaan atau mitra baru melalui proses yang sulit dan akhirnya gagal memasuki pasar.
  • Adanya skala ekonomi memungkinkan sebuah pasar hanya dapat dilayani oleh satu perusahaan saja lantaran amat besar sehingga menjadi lebih efisien.

Cari Istilah Keuangan

×