Nisbah Laba Terhadap Modal - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Tahukah Anda dengan istilah Nisbah Laba Terhadap Modal? Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang arti Nisbah Laba Terhadap Modal walaupun mungkin kita pernah menggunakannya. Kalau bicara mengenai finansial, istilah ini memiliki beberapa arti. Berikut ini penjelasan singkat yang diperoleh dari beberapa referensi. Pembahasan mengenai Nisbah Laba Terhadap Modal biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Ekuitas, Laba Bersih dan Analisis Nisbah.

Definisi Nisbah Laba Terhadap Modal

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

“laba bersih dibagi modal sendiri merupakan rasio atau nisbah profitabilitas yang mengukur tingkat kemampuan modal dalam menghasilkan laba bersih (return on equity - ROE).”

Simak penjelasan tentang Nisbah Laba Terhadap Modal lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Nisbah Laba Terhadap Modal.

Apa Itu Nisbah Laba Terhadap Modal?

Nisbah laba terhadap modal atau yang biasa disebut return on equity (ROE) adalah rasio atau nisbah profitabilitas yang digunakan untuk mengukur sejauh mana kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba bersih untuk investor atau pemilik investasi pemegang saham perusahaan yang menggunakan modal sendiri.

ROE juga dapat digunakan sebagai indikator untuk menilai efektivitas manajemen dalam menggunakan pembiayaan ekuitas untuk mendanai operasional dan menumbuhkan perusahaan. Jika nilai ROE yang didapatkan oleh suatu perusahaan mendekati 100% semakin baik.

Rumus dan Contoh Perhitungan ROE

Perhitungan nilai ROE dilakukan dengan rumus sebagai berikut:

ROE = Laba Bersih / Ekuitas X 100

Berikut merupakan contoh perhitungannya:

Berdasarkan laporan keuangan tahunan tahun 2018, diketahui laba bersih PT XYZ Rp 5 Miliar. Ekuitas rata-rata pemegang saham perusahaan tersebut adalah Rp 5,5 Miliar. Berapa nilai ROE dari perusahaan tersebut?

ROE = Rp 5 Miliar / Rp 5,5 Miliar X 100

ROE = 0,9090 X 100

ROE = 90,9%

Hal ini berarti PT XYZ dapat menghasilkan laba sebesar 90,9% dengan ekuitas yang dimiliki Rp 5,5 Miliar.

Faktor yang Mempengaruhi ROE

1. Laba Bersih

Menurut Ikatan Akuntan Indonesia, laba bersih merupakan faktor yang yang paling umum untuk digunakan sebagai alat ukur kinerja atau landasan ukuran lainnya, seperti ROE.

2. Ekuitas

Ekuitas merupakan jumlah modal yang menggambarkan hal kepemilikan seseorang atas aset yang dimiliki perusahaan. Ekuitas biasanya ditemukan dalam laporan posisi keuangan (neraca). Jenis-jenis ekuitas yaitu seperti modal yang disetor, saham, laba ditahan, serta dividen.

Cari Istilah Keuangan

×