Otomatisasi - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Kali ini kita akan membahas mengenai istilah yang berhubungan dengan keuangan, yaitu Otomatisasi. Bisa jadi tak banyak yang mengetahui tentang arti Otomatisasi walaupun mungkin kita pernah menggunakannya. Jika berbicara finansial, istilah ini memiliki beberapa arti. Berikut ini penjelasan singkat yang didapatkan dari beberapa referensi. Pembahasan mengenai Otomatisasi biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Cashback, Flash Sale dan Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Definisi Otomatisasi

Definisi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Otomatisasi adalah penggantian tenaga manusia dengan tenaga mesin yang secara otomatis melakukan dan mengatur pekerjaan sehingga tidak memerlukan lagi pengawasan manusia (dalam industri dan sebagainya).

Simak penjelasan tentang Otomatisasi lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Otomatisasi.

Apa Itu Otomatisasi Perkantoran?

Otomatisasi Perkantoran adalah penggunaan alat elektronik untuk memberikan kemudahan komunikasi formal dan informal terutama apabila berkaitan antara komunikasi informal dengan orang-orang di dalam dan di luar perusahaan untuk meningkatkan produktivitasnya.

Sistem otomatisasi perkantoran ditafsirkan sebagai sistem informasi berbasis teknologi komunikasi yang mengumpulkan, memproses, menyimpan dan menyampaikan pesan seperti dokumen dan komunikasi elektronik lainnya antar individu dan organisasi.

Tujuan dan Manfaat Otomatisasi

Otomatisasi kantor terkait dengan berbagai komponen mulai dari input hingga distribusi dengan memanfaatkan bantuan teknologi secara maksimal dan campur tangan manusia secara minimal. Tujuan dasar atau manfaat dari otomatisasi adalah sebagai berikut:

  1. Penggabungan dan penerapan teknologi.
  2. Memperbaharui proses pelaksanaan pekerjaan.
  3. Meningkatkan produktifitas dan efektifitas pekerjaan.
  4. Mengurangi pengeluaran biaya jasa pekerja.

Jenis-Jenis Otomatisasi

Otomasi dibagi menjadi 3 jenis dengan tipe-tipe yang berbeda masing-masingnya. Berikut adalah penjelasannya:

1. Fixed Automation

Fixed automation adalah suatu sistem di mana urutan memproses operasi ditetapkan oleh konfigurasi peralatan. Berikut karakteristiknya:

  • Investasi awal tinggi untuk peralatan custom-engineered.
  • Nilai produksi tinggi.
  • Secara relatif tidak fleksibel mengakomodasi perubahan produk.

2. Programmable Automation

Peralatan produksi dirancang dengan kemampuan untuk berubah urutan operasi dan mengakomodasi bentuk wujud produk berbeda. Berikut karakteristiknya:

  • Investasi tinggi di (dalam) general-purpose peralatan.
  • Nilai produksi rendah sehubungan dengan otomasi ditetapkan.
  • Fleksibilitas untuk  perubahan di (dalam) bentuk produk.
  • Pantas untuk produksi mandi/rendaman.

3. Flexible Automation

Suatu sistem otomatisasi fleksibel adalah mampu untuk memproduksi berbagai produk dengan hampir tidak ada waktu hilang untuk perubahan sistem kerja dari satu produk kepada yang berikutnya. Berikut karakteristiknya:

  • Investasi tinggi untuk suatu sistem custom-engineered.
  • Produksi campuran variabel produk berlanjut.
  • Nilai produksi Medium.
  • Fleksibilitas dalam men-design variasi produk.

Cari Istilah Keuangan

×