Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Pagu - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Pagu merupakan istilah yang berkaitan dengan bidang finansial. Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang pengertian Pagu meskipun mungkin kita pernah menggunakannya atau menemuinya. Jika berbicara finansial, istilah ini memiliki beberapa arti. Berikut ini penjelasan yang kita peroleh dari beberapa sumber. Pembahasan mengenai Pagu biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Ilmu Ekonomi, Anggaran dan Deposito Berjangka.

Definisi Pagu

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

batas tertinggi atas sesuatu, seperti batas tertinggi pemberian kredit, penetapan bunga deposito dan batas harga nilai tukar mata uang asing; plafon (ceiling; cap).

Simak penjelasan tentang Pagu lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Pagu.

Apa Itu Pagu?

Pagu dalam keuangan bisa dibilang batas pengeluaran tertinggi yang tidak boleh dilampaui dan pelaksanaannya harus bisa dipertanggungjawabkan. Batasan atau limit dari pengeluaran yang tersedia ini dapat digunakan untuk pengadaan barang atau jasa.

Jenis-jenis Pagu

Dalam bidang perekonomian, ada beberapa jenis pagu yang berkaitan dengan dunia perbankan dan keuangan, yaitu:

  1. Pagu Harga
  2. Pagu Kredit
  3. Pagu Pembayaran

 

 

Aplikasi keuangan dan kasir,  dan dapatkan cashback special dan bebas ongkir hanya di akhir Juli ini, lho!

Cari Istilah Keuangan

×