Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Pasar Pembeli - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Kali ini kita akan membahas mengenai salah satu istilah yang berkaitan dengan keuangan, yaitu Pasar Pembeli. Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang definisi Pasar Pembeli meskipun mungkin kita pernah menggunakannya atau menemuinya. Kalau bicara mengenai finansial, istilah ini memiliki beberapa definisi. Berikut ini definisi yang didapatkan dari beberapa literatur. Pembahasan mengenai Pasar Pembeli biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Pasar, Harga dan Investasi.

Definisi Pasar Pembeli

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

pasar yang ditandai oleh penawaran yang secara nisbi melebihi permintaan sehingga harga cenderung menurun dan menguntungkan pembeli (buyer’s market).

Simak penjelasan tentang Pasar Pembeli lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Pasar Pembeli.

Apa Itu Pasar Pembeli?

Pasar pembeli adalah saat persediaan lebih banyak dari permintaan, hal ini memberikan keuntungan bagi pembeli dalam negosiasi harga. Walaupun istilah ini lebih sering digunakan dalam kondisi pasar properti, tetapi semua jenis pasar yang memiliki kondisi dimana penawaran melebihi permintaan bisa menggunakan istilah ini. Kebalikan dari pasar pembeli adalah pasar penjual, dimana permintaan melebihi penawaran.

Karakteristik Pasar Pembeli

Pasar pembeli dapat dicirikan dari harga yang lebih rendah dan akibatnya barang berada di dalam pasar untuk waktu yang cukup lama. Persaingan di pasar pembeli terjadi di antara penjual dalam menarik pembeli untuk melakukan penawaran.

Cari Istilah Keuangan

×