Pasar Turun - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Apakah Anda pernah mempelajari istilah Pasar Turun? Bisa jadi tak banyak yang mengetahui tentang istilah Pasar Turun walaupun mungkin kita pernah memakainya. Kalau bicara mengenai finansial, istilah ini memiliki beberapa arti. Berikut ini definisi yang didapatkan dari beberapa sumber. Pembahasan mengenai Pasar Turun biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Sekuritas, Pasar Naik dan Bullish.

Definisi Pasar Turun

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

keadaan pasar dengan kecenderungan harga saham atau obligasi menurun karena lebih banyak transaksi jual; penurunan harga saham, biasanya, disebabkan oleh antisipasi penurunan kegiatan ekonomi, sedangkan pada penurunan harga obligasi disebabkan oleh kegiatan suku bunga (bear market).

Simak penjelasan tentang Pasar Turun lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Pasar Turun.

Apa Itu Pasar Turun?

Pasar turun atau bear market adalah kondisi dimana nilai atau harga pasar sedang mengalami penurunan hingga 20% atau lebih di pasar modal. Kondisi ini biasanya berlangsung cukup lama, sekitar dua bulan hingga 18 bulan sebelum harga kembali ke normal. Kebalikan dari lawannya, bull market dimana nilai atau harga pasar sedang meningkat.

Fase-fase Pasar Turun

Fase-fase yang terjadi dalam bear market adalah sebagai berikut:

  1. Fase pertama ditandai dengan harga tinggi dan sentimen investor tinggi. Menjelang akhir dari fase ini, investor mulai keluar dari pasar dan mengambil keuntungan.
  2. Dalam fase kedua, harga saham mulai turun secara drastis, aktivitas perdagangan dan laba perusahaan mulai turun, dan indikator ekonomi yang tadinya positif menjadi dibawah rata-rata. Pada tahapan ini investor mulai panik karena sentimen menurun. Fase ini biasanya disebut dengan kapitulasi.
  3. Fase ketiga, spekulan mulai memasuki pasar. Kehadiran spekulan menyebabkan naiknya harga dan volume perdagangan.
  4. Pada fase keempat atau terakhir, harga saham akan menurun. Ketika harga rendah dan berita baik mulai menarik investor lagi, bear market mulai berpotensi untuk mengarah ke pasar bullish.

Penyebab Penurunan Pasar

Penurunan pasar terjadi karena beberapa sebab, berikut hal-hal yang menyebabkan pasar mengalami penurunan atau bearish:

  1. Angka pengangguran meningkat
  2. Angka pendapatan menurun
  3. Profit perusahaan menurun
  4. Pemerintah melakukan intervensi terhadap suku bunga.

Cari Istilah Keuangan

×