Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Pembayaran Ditunda - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Apakah Anda pernah mendengar istilah Pembayaran Ditunda? Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang arti Pembayaran Ditunda walaupun mungkin kita pernah memakainya. Jika berbicara finansial, istilah ini memiliki beberapa definisi. Berikut ini penjelasan yang didapatkan dari beberapa literatur. Pembahasan mengenai Pembayaran Ditunda biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Pajak, Pembayaran Bertahap dan Jatuh Tempo.

Definisi Pembayaran Ditunda

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

Surat kredit yang menyatakan bahwa pembayaran kepada eksportir akan dilaksanakan beberapa waktu setelah dokumen lengkap diserahkan kepada bank (deferred payment).

Simak penjelasan tentang Pembayaran Ditunda lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Pembayaran Ditunda.

Apa itu Pembayaran Ditunda?

Pembayaran ditunda adalah pembayaran yang sepenuhnya atau sebagian ditunda karena alasan keuangan. Misalnya, seorang mahasiswa di sebuah universitas dapat mendaftar dalam program pembayaran yang ditangguhkan di mana biaya kuliah dibagi menjadi lima pembayaran yang sama. Pembayaran yang ditangguhkan datang dalam berbagai bentuk.

Contoh Pembayaran yang Ditunda

Pembayaran yang Ditunda bisa saja terjadi di berbagai aspek. Misalnya saja dalam bidang pendidikan. Banyak perguruan tinggi atau sekolah-sekolah yang mengizinkan adanya penangguhan pembayaran untuk mahasiswa atau murid mereka.

Pembayaran pajak juga bisa ditunda apabila pajak yang harus dibayar dalam Surat Tagihan Pajak (STP), dan berbagai pihak terkait lainnya menyatakan bahwa jumlah pajak bertambah. Selain itu, kekurangan pembayaran pajak yang terutang berdasarkan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan harus dilunasi sebelum SPT Tahunan Pajak Penghasilan disampaikan tetapi tidak melebihi batas waktu penyampaian SPT Tahunan Pajak Penghasilan juga dapat ditangguhkan pembayarannya. Dua penangguhan pembayaran pajak ini pun akan dianggap sebagai utang pajak.

Dalam lingkup properti ada pembayaran yang ditangguhkan untuk mendapatkan pinjaman tanpa bunga yang tidak perlu dibayarkan. Sebagai imbalan atas pinjaman, peminjam menyerahkan hak milik kepada properti. Ketika rumah dijual atau jika peminjam pindah dari rumah, pinjaman pun harus dilunasi pada saat itu. Pinjaman ini biasanya diberikan kepada mereka yang menempati properti yang lebih tua. Daripada meminta pemilik rumah atau properti untuk angkat kaki, pemberi pinjaman menyediakan uang perbaikan melalui pinjaman untuk menjaga lingkungan tetap utuh.

Dalam industri investasi, investor dapat memilih dari berbagai investasi yang menawarkan pembayaran yang ditunda. Anuitas pembayaran yang ditangguhkan adalah salah satu yang paling umum, memungkinkan investor untuk membuat kontribusi dan menerima pembayaran rutin selama periode waktu tertentu.

Cari Istilah Keuangan

×