Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Pembayaran Minimum - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Kali ini kita akan membahas tentang salah satu istilah yang berkaitan dengan keuangan, yaitu Pembayaran Minimum. Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang istilah Pembayaran Minimum walaupun mungkin kita pernah memakainya. Kalau bicara mengenai finansial, istilah ini memiliki beberapa definisi. Disini kita akan membahas Pembayaran Minimum yang berhubungan dengan keuangan. Pembahasan mengenai Pembayaran Minimum biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Kartu Kredit, Jatuh Tempo dan Saldo Kredit.

Definisi Pembayaran Minimum

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

Pembayaran terendah atau minimum yang dapat dilakukan seorang pemegang kartu kredit guna mengurangi saldo terutang sesuai dengan persyaratan dalam perjanjian pemegang kartu kredit; umumnya, bank penyelenggara kartu kredit mensyaratkan pembayaran minimum sebesar persentase atau jumlah tertentu dan saldo yang terutang (minimum payment).

Simak penjelasan tentang Pembayaran Minimum lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Pembayaran Minimum.

Apa itu Pembayaran Minimum?

Untuk menghindari keterlambatan bayar oleh nasabah kartu kredit, maka bank sebagai penyedia kartu kredit menerbitkan fasilitas Pembayaran Minimum. Biasanya, nasabah hanya perlu membayar minimum 10% dari total tagihan sebelum tanggal jatuh tempo.

Memahami Pembayaran Bulanan Minimum

Pembayaran minimum diberikan kepada pelanggan setiap bulan dengan akun kredit bergulir (revolving). Rekening kredit bergulir berbeda dari rekening kredit tidak bergulir (non-revolving). Rekening kredit bergulir, menawarkan kepada pelanggan pembayaran bulanan minimum yang rendah dibandingkan dengan jadwal pembayaran standar yang dihitung untuk kredit yang tidak bergulir. 

Semua sederajat, konsumen yang hanya melakukan pembayaran bulanan minimum pada kartu kredit mereka akan dikenakan biaya bunga yang lebih tinggi dan membutuhkan waktu lebih lama untuk melunasi saldo mereka daripada konsumen yang membayar lebih dari minimum setiap bulan. 

Pilihan terbaik adalah selalu membayar saldo kartu kredit secara penuh dan tepat waktu karena strategi ini mencegah konsumen dari harus membayar bunga atau biaya keterlambatan. Membayar saldo kredit bergulir bulanan juga memungkinkan pelanggan untuk mengambil keuntungan lebih besar dari penawaran uang kembali dan poin imbalan yang didapat dari pembelian.

Laporan Bulanan Kredit Bergulir

Rekening kredit bergulir adalah rekening kredit yang menyetujui peminjam untuk tingkat pinjaman maksimum pada tingkat bunga tertentu yang non-fix atau bervariabel. Berbeda dari kredit non-revolving, akun kredit bergulir adalah akun terbuka yang memungkinkan peminjam untuk menjaga saldo kredit tanpa mengambil pokok maksimum penuh. 

Pelanggan dapat tetap membuka rekening kredit bergulir selama mereka tetap memiliki reputasi baik dengan penerbit kredit. Karena akun kredit bergulir akan memiliki saldo yang berbeda setiap bulan, perusahaan kredit memberikan laporan bulanan kepada peminjam yang merinci aktivitas di akun mereka dan pembayaran minimum bulanan yang harus mereka lakukan untuk menjaga akun mereka dalam performa yang baik.

Cari Istilah Keuangan

×