Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Pembayaran Rutin - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Apakah kamu pernah mendengar istilah Pembayaran Rutin? Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang arti Pembayaran Rutin meskipun mungkin kita pernah memakainya. Dalam bidang keuangan, istilah ini memiliki beberapa arti. Berikut ini definisi yang didapatkan dari beberapa sumber. Pembahasan mengenai Pembayaran Rutin biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Premi Asuransi, Bisnis dan Jatuh Tempo.

Definisi Pembayaran Rutin

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

Pembayaran uang dalam jumlah yang sama secara rutin dalam jangka waktu yang telah ditetapkan, misalnya pembayaran angsuran pinjaman KPR. Premi asuransi, dana bantuan kepada pihak-pihak tertentu, seperti pembayaran Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) atau uang pensiun (recurring payment)

Simak penjelasan tentang Pembayaran Rutin lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Pembayaran Rutin.

Apa Itu Pembayaran Rutin?

Pembayaran rutin adalah pembayaran yang dilakukan secara rutin. Proses pembayaran ini terjadi ketika pelanggan ditagih secara otomatis untuk barang atau jasa yang dikirimkan kepada Anda secara teratur, sehingga memungkinkan penjual untuk menagih pelanggan secara rutin. Pembayaran rutin bisa berlangsung dalam jangka waktu berapa pun, tergantung pada model bisnis. Layanan ini memberikan fleksibilitas untuk menagih pelanggan pada frekuensi yang tetap.

Keuntungan Pembayaran Rutin

Berikut ini adalah keuntungan dari layanan pembayaran rutin:

  • Pedagang akan menerima pembayaran tepat waktu, sehingga mereka dapat memprediksi arus kas untuk mengelola bisnis dan membuat rencana untuk masa depan bisnis secara lebih mudah.
  • Layanan pembayaran rutin biasanya menyediakan opsi uji coba gratis (free trial) untuk pelanggan baru, sehingga pelanggan dapat membuat keputusan yang lebih baik tentang penggunaan produk atau layanan.
  • Lebih mudah dan hemat waktu.

Contoh Pembayaran Rutin

Pembayaran rutin dapat dibagi menjadi berbagai kategori sesuai dengan model bisnisnya, berikut beberapa contoh pembayaran rutin:

  • Konten: Perusahaan layanan streaming online yang menyediakan konten menawarkan layanan pembayaran rutin untuk memudahkan pelanggannya dalam menikmati layanan yang ditawarkan. Mulai dari Spotify, iFlix, Joox hingga iTunes. Selain layanan streaming, ini juga mencakup majalah tabloid hingga koran yang membutuhkan biaya berulang bulanan atau tahunan.
  • Utilitas: Tagihan telepon, tagihan listrik, tagihan kabel, keanggotaan gym, premi asuransi dll. Berada di bawah utilitas, yang seperti yang sudah kita ketahui, bersifat rutin dan harus dibayar setiap bulan.

Cari Istilah Keuangan

×