Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Pembayaran Tunai - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Apakah kamu pernah mempelajari istilah Pembayaran Tunai? Bisa jadi tak banyak yang mengetahui tentang pengertian Pembayaran Tunai meskipun mungkin kita pernah menggunakannya. Jika berbicara finansial, istilah ini memiliki beberapa arti. Berikut ini definisi yang kita dapatkan dari beberapa literatur. Pembahasan mengenai Pembayaran Tunai biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Uang, Uang Kertas dan Uang Logam.

Definisi Pembayaran Tunai

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

Pembayaran yang dilakukan pada saat transaksi terjadi (cash payments; cash disbursements).

Simak penjelasan tentang Pembayaran Tunai lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Pembayaran Tunai.

Apa Itu Pembayaran Tunai?

Pembayaran tunai adalah pembayaran menggunakan mata uang negara dalam bentuk uang kertas atau uang logam koin yang dibayarkan oleh penerima barang atau jasa kepada penjual. Ini juga dapat melibatkan pembayaran dalam suatu bisnis kepada karyawan sebagai kompensasi atas jam kerja mereka, atau untuk membayar kembali kepada karyawan untuk pengeluaran yang terlalu kecil untuk dialihkan melalui sistem hutang dagang.

Alat Pembayaran Tunai

Alat pembayaran tunai masih lebih banyak memakai uang kartal (uang kertas dan logam). Uang kartal masih memainkan peran penting khususnya dalam transaksi bernilai kecil. Dalam masyarakat modern seperti sekarang ini, pemakaian alat pembayaran tunai seperti uang kartal memang cenderung lebih kecil dibanding uang giral.

Cari Istilah Keuangan

×