Pembelian Kembali Saham - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Pembelian Kembali Saham merupakan istilah yang berkaitan dengan bidang keuangan. Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang pengertian Pembelian Kembali Saham meskipun mungkin kita pernah memakainya. Jika berbicara keuangan, istilah ini memiliki beberapa arti. Berikut ini definisi yang kita dapatkan dari beberapa literatur. Pembahasan mengenai Pembelian Kembali Saham biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Saham, Pasar Modal dan Ilmu Ekonomi.

Definisi Pembelian Kembali Saham

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

Perjanjian bahwa perusahaan dapat membeli kembali saham yang telah diterbitkan jika perusahaan membutuhkan; perjanjian ini dapat menjadi insentif bagi karyawan kontrak karena dengan demikian mereka dapat menjual kembali sahamnya pada saat masa kontrak kerjanya berakhir (stock repurchase).

Simak penjelasan tentang Pembelian Kembali Saham lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Pembelian Kembali Saham.

Apa Itu Pembelian Kembali Saham?

Pembelian kembali saham adalah transaksi di mana perusahaan membeli kembali sahamnya sendiri dari pasar. Perusahaan mungkin membeli kembali sahamnya karena manajemen menganggap nilai sahamnya berada di bawah harga pasaran. Perusahaan membeli saham langsung dari pasar atau menawarkan kepada pemegang sahamnya opsi untuk menenderkan sahamnya langsung ke perusahaan dengan harga tetap. Pembelian kembali saham mengurangi jumlah saham yang beredar, yang meningkatkan permintaan untuk saham dan harga.

Metode Pembelian Kembali Saham

Ada beberapa metode yang digunakan oleh perusahaan dalam membeli sahamnya kembali, seperti berikut:

1. Tender Offer

Lewat metode tender offer, perusahaan mengumumkan kepada para pemegang sahamnya bahwa perusahaan akan membeli kembali beberapa lembar sahamnya pada harga dan periode tertentu yang sudah ditetapkan. Pembelian kembali saham dengan metode ini dapat menaikkan kembali harga saham di pasar modal.

2. Open-market Repurchase

Open market repurchase tidak mengikat suatu perusahaan untuk benar-benar membeli kembali sahamnya sebanyak jumlah yang dijual sebelumnya. Melainkan, jumlah saham yang dibeli kembali relatif lebih kecil. Pembelian kembali dilakukan melalui pialang dengan pembayaran komisi pada tingkat normal dan pembelian pada harga pasar.

3. Dutch Auction

Dalam metode ini perusahaan menyebutkan range harga saham yang ditawarkan dimana para pemegang saham akan memilih satu harga yang mereka tetapkan untuk menjual saham yang mereka miliki kepada perusahaan.

Cari Istilah Keuangan

×