Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Pembiayaan Piutang - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Pembiayaan Piutang merupakan salah satu istilah yang berkaitan dengan bidang keuangan. Bisa jadi tak banyak yang mengetahui tentang istilah Pembiayaan Piutang meskipun mungkin kita pernah menggunakannya atau menemuinya. Kalau bicara mengenai keuangan, istilah ini memiliki beberapa definisi. Disini kita akan membahas Pembiayaan Piutang yang berhubungan dengan keuangan. Pembahasan mengenai Pembiayaan Piutang biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Piutang, Modal dan Pembiayaan Tambahan.

Definisi Pembiayaan Piutang

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

Bentuk pinjaman untuk berbagai keperluan, khususnya pembiayaan jangka pendek yang dijamin oleh piutang (receivable financing)

Simak penjelasan tentang Pembiayaan Piutang lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Pembiayaan Piutang.

Apa Itu Pembiayaan Piutang?

Pembiayaan Piutang merupakan jenis pengaturan pembiayaan di mana perusahaan menerima modal pembiayaan yang terkait dengan sebagian dari piutang dagangnya. Perjanjian pembiayaan piutang usaha dapat disusun dengan berbagai cara biasanya dengan dasar sebagai penjualan aset atau pinjaman.

Pembiayaan piutang juga bisa dibilang perjanjian yang melibatkan modal pokok dalam kaitannya dengan piutang usaha suatu perusahaan. Piutang usaha adalah aset yang setara dengan saldo tagihan yang ditagihkan kepada pelanggan tetapi belum dibayar. Piutang akun dilaporkan di neraca perusahaan sebagai aset, biasanya aset lancar dengan pembayaran faktur yang diperlukan dalam satu tahun.

Pembiayaan piutang dianggap aset sangat likuid yang diterjemahkan ke nilai teoritis untuk pemberi pinjaman dan pemodal. Banyak perusahaan mungkin melihat piutang sebagai beban karena aset diharapkan dibayar tetapi membutuhkan penagihan dan tidak dapat dikonversi menjadi uang tunai segera. Dengan demikian, bisnis pembiayaan piutang usaha berkembang pesat karena masalah likuiditas dan bisnis ini. Selain itu, pemodal eksternal telah melangkah untuk memenuhi kebutuhan ini.

Keuntungan dan Kerugian Pembiayaan Piutang

Pembiayaan piutang memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan akses cepat ke uang tunai tanpa melewati rintangan atau berurusan dengan pihak-pihak terkait serta menunggu lama untuk mendapatkan pinjaman bisnis. Ketika perusahaan menggunakan piutang dagangnya untuk penjualan aset, perusahaan tidak perlu khawatir tentang jadwal pembayaran. Ketika perusahaan menjual piutang dagangnya, perusahaan juga tidak perlu khawatir tentang koleksi piutang dagang. Ketika sebuah perusahaan menerima pinjaman anjak piutang, perusahaan itu mungkin dapat memperoleh 100% dari nilai dengan segera.

Meskipun pembiayaan piutang menawarkan sejumlah keuntungan yang beragam, hal ini juga dapat membawa konotasi negatif. Secara khusus, pembiayaan piutang usaha dapat lebih mahal daripada pembiayaan melalui pemberi pinjaman tradisional, terutama bagi perusahaan yang dianggap memiliki kredit buruk. Bisnis dapat kehilangan uang dari spread yang dibayar untuk piutang dalam penjualan aset. Dengan struktur pinjaman, biaya bunga mungkin tinggi atau mungkin jauh lebih banyak daripada diskon atau penghapusan default.

Cari Istilah Keuangan

×