Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Pemborongan - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Pemborongan merupakan istilah yang berkaitan dengan bidang keuangan. Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang pengertian Pemborongan walaupun mungkin kita pernah memakainya. Dalam bidang finansial, istilah ini memiliki beberapa arti. Kali ini kita akan membahas Pemborongan yang berhubungan dengan keuangan. Pembahasan mengenai Pemborongan biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Pasar, Monopoli dan Ilmu Ekonomi.

Definisi Pemborongan

Definisi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

/pem·bo·rong/ n 1 orang yang memborong; 2 kontraktor;

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

Pembelian komoditas atau sekuritas secara besar-besaran untuk memonopoli pasaran (engrossing; corner).

Simak penjelasan tentang Pemborongan lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Pemborongan.

Apa itu Pemborongan?

Kegiatan membeli komoditas atau sekuritas dalam skala besar dengan tujuan untuk memonopoli pasar biasa disebut dengan pemborongan. Pemborongan bisa berdampak buruk untuk kesehatan pasar pada umumnya, karena adanya risiko monopoli yang menyebabkan tidak adanya kebebasan untuk memilih komoditas dengan harga yang beragam, membatasi output ke pasar, mengisi harga yang lebih tinggi daripada di pasar yang lebih kompetitif, dan dikhawatirkan akan mengurangi surplus konsumen dan kesejahteraan ekonomi.

Cari Istilah Keuangan

×