Pengangkutan Di Darat - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Tahukah Anda dengan istilah Pengangkutan Di Darat? Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang pengertian Pengangkutan Di Darat meskipun mungkin kita pernah memakainya. Jika berbicara keuangan, istilah ini memiliki beberapa arti. Berikut ini penjelasan singkat yang didapatkan dari beberapa referensi. Pembahasan mengenai Pengangkutan Di Darat biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Bisnis, Bisnis Jasa dan Perusahaan.

Definisi Pengangkutan Di Darat

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

Jenis kegiatan ekonomi berupa pemberian jasa angkutan barang atau orang di darat, seperti yang dilakukan oleh perusahaan bus dan taksi (land transportation).

Simak penjelasan tentang Pengangkutan Di Darat lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Pengangkutan Di Darat.

Apa Itu Pengangkutan Di Darat?

Pengangkutan di darat adalah sebuah kegiatan ekonomi dimana sebuah perusahaan menggunakan transportasi darat untuk mengangkut penumpang atau barang. Dua bentuk utama transportasi darat adalah transportasi kereta api dan transportasi jalan (mobil, bus, sepeda motor). 

Biasanya pengangkutan di darat mengacu pada pengangkatan orang dan barang oleh perusahaan komersial yang disediakan dengan biaya bagi individu, bisnis, dan pemerintah untuk tujuan menguntungkan perusahaan yang menyediakan perjalanan. 

Sebagian besar infrastruktur yang digunakan adalah milik umum, dan kendaraan cenderung dimanfaatkan karena besar dan efisien untuk memaksimalkan kapasitas dan margin keuntungan. Pengiriman barang dan perjalanan jarak jauh adalah kegunaan umum yang dilayani oleh pengangkutan darat yang bersifat komersial.

Fungsi Utama Pengangkutan Di Darat

  • Fungsi untuk Penumpang

Pengangkutan darat untuk penumpang atau perjalanan dibagi menjadi angkutan umum dan pribadi. Perjalanan bisa menjadi bagian dari perjalanan sehari-hari, bisnis, liburan, atau migrasi. 

  • Fungsi untuk Kargo

Pengangkutan darat untuk barang atau pengiriman barang adalah kunci penting dalam rantai nilai di bidang manufaktur. Logistik mengacu pada seluruh proses pemindahan produk dari produsen ke konsumen, termasuk penyimpanan, transportasi, transshipment, pergudangan, penanganan material dan pengemasan, dengan pertukaran informasi yang terkait.

Cari Istilah Keuangan

×