Pengawasan Langsung - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Kali ini kita akan membahas tentang istilah yang berkaitan dengan keuangan, yaitu Pengawasan Langsung. Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang arti Pengawasan Langsung meskipun mungkin kita pernah menggunakannya. Kalau bicara mengenai keuangan, istilah ini memiliki beberapa arti. Berikut ini penjelasan yang kita peroleh dari beberapa referensi. Pembahasan mengenai Pengawasan Langsung biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Bisnis, Bank dan Laporan.

Definisi Pengawasan Langsung

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

Pemantauan atas kegiatan bank yang dilakukan dengan cara melakukan pemeriksaan langsung terhadap bank yang ditunjuk dalam upaya mengetahui kebenaran laporan yang disampaikan atau untuk mengetahui kemungkinan penyimpangan yang dilakukan bank dalam kegiatan operasionalnya (on-site supervision).

Simak penjelasan tentang Pengawasan Langsung lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Pengawasan Langsung.

Apa Itu Pengawasan Langsung?

Pengawasan langsung adalah pengawasan yang dilakukan secara pribadi oleh pimpinan atau pengawas dengan cara mendatangi dan melakukan pemeriksaan ditempat (on the spot) terhadap objek yang diawasi. Jika pengawasan langsung ini dilakukan terhadap proyek pembangunan fisik, maka yang dimaksud dengan pengawasan langsung dapat berupa pemeriksaan administratif dan pemeriksaan fisik di lapangan.

Bentuk Pengawasan Langsung

1. Inspeksi Langsung

Inspeksi langsung adalah pengawasan yang dilakukan secara langsung oleh atasan terhadap bawahan pada saat kegiatan dilakukan.

2. Observasi Ditempat

Observasi ditempat adalah pengawasan yang dilakukan oleh atasan terhadap bawahan sebelum kegiatan dilakukan.

3. Laporan Ditempat

Laporan ditempat adalah laporan yang disampaikan oleh bawahan secara langsung pada saat atasan mengadakan inspeksi langsung kegiatan yang dilakukan.

Cari Istilah Keuangan

×