Pengelolaan Kas - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Kali ini kita akan membahas mengenai salah satu istilah yang berhubungan dengan keuangan, yaitu Pengelolaan Kas. Bisa jadi tak banyak yang mengetahui tentang istilah Pengelolaan Kas meskipun mungkin kita pernah menggunakannya. Dalam bidang finansial, istilah ini memiliki beberapa arti. Berikut ini definisi yang didapatkan dari beberapa literatur. Pembahasan mengenai Pengelolaan Kas biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Arus Kas, Perbankan dan Bisnis.

Definisi Pengelolaan Kas

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

Teknik pengelolaan keuangan yang dilakukan oleh bendahara perusahaan dalam mengendalikan jadwal pembayaran dengan jadwal tagihan perusahaan (cash management).

Simak penjelasan tentang Pengelolaan Kas lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Pengelolaan Kas.

Apa Itu Pengelolaan Kas?

Pengelolaan kas adalah proses mengumpulkan dan mengelola arus kas. Pengelolaan kas penting dilakukan untuk individu dan perusahaan. Dalam bisnis, pengelolaan kas adalah komponen kunci dari stabilitas keuangan perusahaan. Kas juga penting untuk stabilitas keuangan yang biasanya dianggap sebagai bagian dari portofolio kekayaan total seorang individu.

Beberapa bank menawarkan jasa perbankan untuk nasabahnya dalam pengelolaan kas. Pengelolaan kas melibatkan pengumpulan, penanganan, dan penggunaan uang tunai. Jasa ini dilakukan untuk memberikan hasil yang optimal dan meningkatkan efisiensi serta efektivitas dalam bisnis.

Manfaat Pengelolaan Kas

  • Memudahkan individu maupun perusahaan untuk melakukan berbagai transaksi bisnis keuangan serta pengawasan atas transaksi yang dilakukan.
  • Wadah yang terintegrasi memberikan rasa aman dan nyaman dalam melakukan transaksi keuangan bisnis
  • Meminimalkan kemungkinan timbulnya risiko-risiko yang mungkin terjadi dalam setiap transaksi perbankan.
  • Segala transaksi keuangan dapat tersusun dengan cepat dan terkontrol.

Cari Istilah Keuangan

×