Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

PER - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Apakah Anda pernah mempelajari istilah PER? Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang definisi PER walaupun mungkin kita pernah menggunakannya atau menemuinya. Dalam bidang finansial, istilah ini memiliki beberapa definisi. Disini kita akan membahas PER yang berhubungan dengan keuangan. Pembahasan mengenai PER biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Saham, Pembelian Kembali Saham dan Perusahaan.

Definisi PER

Simak penjelasan tentang PER lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud PER.

Apa itu PER?

PER atau yang biasa disebut Price Earning Ratio adalah alat ukur yang digunakan untuk menentukan mahal murahnya saham berdasarkan laba bersih PERusahaan. Secara singkat, PER digunakan untuk memprediksi evaluasi harga saham atau dengan kata lain,menentukan apakah saham tersebut layak dimiliki atau tidak.

Cara Menghitung PER

Berikut adalah rumus PER :

PER : Harga saham per lembar / Lembar per saham

 

Misalnya, Harga saham di Perusahaan X adalah 50.000 dengan laba per saham (12 bulan) 4000. Lalu, harga saham di Perusahaan Y adalah 2000 dengan  laba per saham (12 bulan) 100. Lalu cara menghitung PER nya sebagai berikut :

Perusahaan X = PER = 50.000:4000 = 12,5

Perusahaan Y = PER = 2000:100 = 22

Walaupun Perusahaan Y memiliki PER yang lebih tinggi, namun sebaiknya dihindari. Hal ini dikarenakan terlalu tinggi mencerminkan volatilitas yang tinggi juga. Sebaliknya, PER yang rendah menunjukan bahwa anda dapat menjualnya dengan harga yang jauh lebih tinggi.

Cari Istilah Keuangan

×