Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Perkiraan - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Perkiraan merupakan salah satu istilah yang berkaitan dengan bidang finansial. Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang istilah Perkiraan walaupun mungkin kita pernah memakainya. Kalau bicara mengenai finansial, istilah ini memiliki beberapa definisi. Berikut ini penjelasan yang didapatkan dari beberapa referensi. Pembahasan mengenai Perkiraan biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Buku Besar, Pembukuan dan Akuntansi.

Definisi Perkiraan

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

Catatan dalam lembaran buku besar mengenai perubahan-perubahan nilai dari segala harta atau pemilikan, pendapatan, pengeluaran, dan utang subjek tertentu yang dibuat secara sistematik atau kronologis sehingga jelas keadaan setiap waktu; sehari-hari apabila disebutkan seseorang mempunyai rekening pada bank, berarti orang tersebut mempunyai simpanan atau utang di bank; akun; rekening (accounts).

Simak penjelasan tentang Perkiraan lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Perkiraan.

Apa Itu Perkiraan?

Perkiraan atau akun adalah catatan untuk menampung transaksi yang dicatat lewat jurnal. Akun perkiraan memudahkan pencatatan ke perkiraan atau buku besar (posting) melalui pengkodean dan penamaan dari pos-pos pencatatan transaksi akuntansi. Perusahaan biasanya mencatat transaksi-transaksi yang sudah dilakukan, lalu perkiraan digunakan untuk mengelompokkan transaksi yang sejenis ke dalam satu nama kelompok transaksi yang sama. 

Transaksi yang sudah dilakukan akan mempengaruhi pendapatan, biaya, aktiva, kewajiban, serta modal yang tercermin dalam laporan keuangan. Jumlah perkiraan yang dimiliki dalam perusahaan tergantung kepada seberapa detail informasi yang akan disajikan kepada pengguna laporan keuangan perusahaan tersebut. Akun perkiraan tergantung pada sifat operasional perusahaan, volume kegiatan, perpajakan, kepentingan kredit, dan sebagainya.

Syarat Pembuatan Akun Perkiraan

  1. Nomor yang digunakan untuk pengkodean harus unik, artinya setiap nomor hanya digunakan untuk satu akun perkiraan.
  2. Akun perkiraan dimasukkan ke dalam kelompok atau sub kelompok. Contohnya, hutang, asuransi, dan angsuran dimasukkan ke dalam kewajiban.
  3. Perkiraan yang berkaitan baiknya disusun secara berurutan. Misalnya, piutang dagang dengan piutang lain-lain.
  4. Penomoran tidak terlalu ketat agar memudahkan jika terjadi penambahan akun baru. Misalnya, kelompok beban diberi nomor 600. 605 beban asuransi. 610 beban lainnya. Jadi, jika terjadi penambahan dapat disisipkan diantara 606-610.
  5. Nama akun rekening dibuat singkat dan jelas. Contohnya, beban transportasi lebih singkat dibanding beban perjalanan ke luar kantor.

Cari Istilah Keuangan

×