Permintaan - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Kali ini kita akan membahas tentang istilah yang berhubungan dengan keuangan, yaitu Permintaan. Bisa jadi tak banyak yang mengetahui tentang arti Permintaan meskipun mungkin kita pernah memakainya. Dalam pembahasan keuangan, istilah ini memiliki beberapa arti. Berikut ini definisi yang diperoleh dari beberapa referensi. Pembahasan mengenai Permintaan biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Ilmu Ekonomi, Pasar dan Harga Pasar.

Definisi Permintaan

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

Jumlah barang ekonomi yang pembelinya bersedia membeli pada tingkat harga, waktu, dan pasar tertentu (demand).

Definisi Menurut Wikipedia

Permintaan adalah suatu proses dalam meminta sesuatu atau sejumlah barang yang dibeli atau diminta pada suatu harga dan waktu tertentu. Permintaan berkaitan dengan keinginan konsumen akan suatu barang dan jasa yang ingin dipenuhi. Dan kecenderungan permintaan konsumen akan barang dan jasa tak terbatas.

Simak penjelasan tentang Permintaan lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Permintaan.

Apa Itu Permintaan?

Permintaan adalah sejumlah barang dan jasa yang diinginkan dan mampu dibeli oleh konsumen untuk memenuhi kebutuhan pada berbagai tingkat harga dan waktu tertentu di pasar. Biasanya, tinggi permintaan akan mempengaruhi harga. Sebaliknya, rendahnya permintaan juga akan membuat harga semakin rendah.

Hukum Permintaan

Hukum permintaan adalah hukum yang menjelaskan tentang adanya hubungan yang bersifat negatif antara tingkat harga dengan jumlah barang yang diminta. Jika harga naik, jumlah barang yang diminta akan menurun, dan jika harga rendah maka jumlah barang yang diminta akan meningkat. Hukum permintaan tidak bersifat mutlak, namun memiliki sifat mutlak dalam kondisi ceteris paribus (faktor-faktor lain yang dianggap tetap).

Jenis-jenis Permintaan

Permintaan Berdasarkan Daya Beli Konsumen

  • Permintaan Efektif – Permintaan yang disertai dengan daya beli dan terjadinya transaksi.
  • Permintaan Potensial – Permintaan yang disertai dengan daya beli, namun belum terjadi transaksi.
  • Permintaan Absolut – Permintaan yang tidak disertai dengan daya beli.

Permintaan Berdasarkan Jumlahnya

  • Permintaan Individu – Permintaan individu terhadap suatu barang atau jasa tertentu.
  • Permintaan Pasar – Hasil penjumlahan dari permintaan-permintaan individu terhadap suatu barang atau jasa tertentu pada saat bersamaan.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Permintaan

  1. Ketersediaan dan perubahan harga barang sejenis (barang pengganti dan pelengkap).
  2. Jumlah pendapatan masyarakat.
  3. Selera konsumen.
  4. Intensitas kebutuhan konsumen.
  5. Perkiraan harga pada masa depan.
  6. Jumlah penduduk.

Cari Istilah Keuangan

×