Prakiraan - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Tahukah Anda dengan istilah Prakiraan? Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang istilah Prakiraan walaupun mungkin kita pernah menggunakannya atau menemuinya. Dalam bidang finansial, istilah ini memiliki beberapa definisi. Kali ini kita akan membahas Prakiraan yang masih memiliki keterkaitan dengan keuangan. Pembahasan mengenai Prakiraan biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Ilmu Ekonomi, Pasar dan Perusahaan.

Definisi Prakiraan

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

Estimasi atau harapan tertentu pada masa mendatang yang didasarkan pada beberapa faktor dan asumsi, seperti data historis, keadaan pasar saat ini dan proyeksinya, tingkat suku bunga, serta permintaan pasar terhadap kredit; estimasi ini dilakukan dalam rangka pengelolaan harta dan kewajiban (asset-liability management) yang digunakan sebagai alat perencanaan dalam rangka memprakirakan jumlah penghasilan yang akan diterima pada masa yang akan datang; estimasi ini senantiasa dievaluasi dan disesuaikan menurut kondisi pasar dan kebijakan yang berlaku (forecasting).

Simak penjelasan tentang Prakiraan lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Prakiraan.

Apa Itu Prakiraan?

Prakiraan adalah estimasi informatif yang bersifat prediksi dalam menentukan tren di masa mendatang menggunakan data historis sebagai inputnya. Bisnis menggunakan prakiraan untuk menentukan bagaimana mengalokasikan anggaran mereka atau merencanakan pengeluaran yang diantisipasi untuk masa mendatang. Prakiraan biasanya dibuat berdasarkan permintaan yang diproyeksikan untuk barang dan jasa yang ditawarkan.

Investor menggunakan prakiraan untuk menentukan apakah peristiwa tersebut akan berpengaruh terhadap bisnis perusahaan, seperti ekspektasi penjualan hingga proyeksi harga saham. Prakiraan juga memberikan tolak ukur bagi perusahaan yang membutuhkan perspektif operasional jangka panjang

Cari Istilah Keuangan

×