Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Real Estat - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Kali ini kita akan membahas mengenai istilah yang berkaitan dengan keuangan, yaitu Real Estat. Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang definisi Real Estat meskipun mungkin kita pernah menggunakannya atau menemuinya. Kalau bicara mengenai finansial, istilah ini memiliki beberapa definisi. Berikut ini definisi yang didapatkan dari beberapa referensi. Pembahasan mengenai Real Estat biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Harta, Agunan dan Investasi.

Definisi Real Estat

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

"tanah dan semua bangunan fisik, termasuk semua benda yang melekat pada tanah tersebut, seperti gedung, pohon, dan pagar (real estate)."

Simak penjelasan tentang Real Estat lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Real Estat.

Apa Itu Real Estat?

Real Estat adalah istilah hukum yang berkaitan dengan sebidang tanah dan lingkungannya beserta bangunan dan proyek yang ada di atas tanah tersebut. Dalam bahasa Indonesia, real estat juga sering disebut dengan istilah lahan yasan.

Sehubungan dengan makna di atas, yang termasuk dalam real estat juga mencakup semua sumber daya yang ada di atasnya, seperti tanaman, mineral, air, dan benda tidak bergerak lain yang ada di dalam area tersebut.

Jenis Real Estat

Real estat dapat dikelompokkan ke dalam dua kategori besar berdasarkan penggunaannya, yaitu

 

  1. Residential real estate, real estat ini digunakan untuk tempat tinggal, misalnya untuk perumahan, rumah susun, dan kondominium. Biasanya di area residensial ini juga terdapat tempat bagi bisnis-bisnis kecil seperti minimarket dan industri rumahan.
  2. Commercial real estate, real estat ini digunakan untuk keperluan komersial dan untuk memperoleh keuntungan. Contohnya adalah gedung perkantoran, gudang, hotel.

Cari Istilah Keuangan

×