Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Reksadana Saham - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Tahukah Anda dengan istilah Reksadana Saham ? Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang istilah Reksadana Saham walaupun mungkin kita pernah menggunakannya. Jika berbicara finansial, istilah ini memiliki beberapa arti. Berikut ini penjelasan yang kita dapatkan dari beberapa literatur. Pembahasan mengenai Reksadana Saham biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Reksa Dana, Saham dan Reksadana Pasar Uang.

Definisi Reksadana Saham

Simak penjelasan tentang Reksadana Saham lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Reksadana Saham .

Apa itu Reksadana Saham?

Reksadana Saham adalah jenis reksadana yang menginvestasikan sekurang-kurangnya 80 persen dari aktivanya dalam bentuk saham. Karena mayoritas portofolionya ada di efek saham, maka sifat dan pergerakan reksadana ini mirip dengan sifat dan pergerakan saham. Tujuan investasi reksadana saham adalah untuk pertumbuhan harga saham atau unit dalam jangka panjang. Risikonya relatif lebih tinggi dari reksadana pasar uang dan reksadana pendapatan tetap, tetapi memiliki potensi tingkat pengembalian yang paling tinggi (high risk high return).

Kelebihan Reksadana Saham

Secara umum, keuntungan Reksadana Saham adalah yang paling menjanjikan dibanding dengan reksadana yang lain. Rata-rata dalam setahun, return yang didapatkan bisa mencapai 20%. Bila ini terjadi dalam jangka 5 tahun, maka return yang didapat dapat mencapai 100%.

Kekurangan Reksadana Saham

Dibalik tingginya keuntungan Reksadana Saham, terdapat risiko yang tinggi pula. Seperti yang telah disebutkan, Reksadana Saham memiliki apa yang disebut high risk high return. Bila return yang didapatkan dapat mencapai 20%, hal ini juga berlaku terhadap risk. Risk yang dicapai biasanya juga menyentuh angka 20%. 

Cari Istilah Keuangan

×